Manfaat Air Hangat Untuk Kesehatan

Manfaat Air Hangat Untuk Kesehatan

Kebanyakan orang lebih suka minum air dingin daripada air panas untuk menghilangkan rasa haus. Tapi tahukah Anda bahwa air panas adalah segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Anda tidak hanya dapat meringankan esofagus Anda, tetapi ada banyak manfaat lainnya. Apa yang sedang kamu lakukan? Berikut ini ulasan lengkap tentang manfaat meminum air panas.

1. Meredakan hidung tersumbat

Air panas akan menghasilkan uap panas yang ternyata bagus untuk hidung yang tersumbat. Menghirup uap ini sambil meminumnya perlahan dapat membantu melarutkan blok lendir yang menumpuk di rongga hidung dan meredakan sakit kepala.
Manusia memiliki selaput lendir di seluruh leher dan tubuh bagian atas, minum air panas dapat membantu menghangatkan area dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh akumulasi lendir.
Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, MS mengatakan bahwa manfaat meminum air panas cukup efektif untuk mengelola hidung tersumbat dibandingkan dengan air dingin, karena suhu tinggi mempercepat laju pelepasan lendir.

2. Membantu kerja sistem pencernaan

Pada dasarnya air seperti pelumas untuk sistem pencernaan. Air mengurangi dan memfasilitasi masuknya makanan ke dalam kotoran (faeces). Ketika air bergerak melalui perut dan usus, organ pencernaan lebih terhidrasi dan mampu menghilangkan sisa tubuh yang telah digunakan lebih optimal.
Selain itu, air panas akan menyebabkan efek vasodilator, yang memperbesar pembuluh darah, sehingga aliran darah mengalir ke usus dan membantu proses pencernaan berfungsi dengan lancar.

3. Membantu mengobati rasa sakit

Dilaporkan pada halaman Berita Medis hari ini, manfaat meminum lebih banyak air panas adalah untuk memperlancar aliran darah karena air ini adalah vasodilator. Karena itu, ketika meminum air panas ini akan membantu meningkatkan aliran darah ke jaringan tubuh, termasuk jaringan otot. Dengan cara ini, otot yang kaku dapat menjadi rileks karena aliran darah menjadi lebih cair.
Menurut Luiza Petre, MD, seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam kardiologi (jantung) mengatakan bahwa, dengan efek ini, air panas dapat membantu mengurangi nyeri otot, nyeri sendi, dan nyeri kram selama menstruasi.
Bahkan minum air panas sebelum tidur juga akan membuat Anda tertidur lebih cepat dan lebih cepat beristirahat. Karena, minum air panas sebelum tidur memiliki efek yang menenangkan, sehingga Anda tertidur lebih cepat.

4. Membantu meningkatkan metabolisme tubuh

Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa manfaat meminum air panas dapat menurunkan berat badan, tetapi apakah itu benar? Nah, menurut Cara Walsh, RD, ahli gizi, meminum air panas tidak akan langsung menurunkan berat badan. Tetapi dengan meminum air panas, laju pencernaan dan metabolisme tubuh Anda menjadi lebih cepat dan lebih lancar.

Dengan peningkatan metabolisme tubuh, tubuh akan membutuhkan lebih banyak kalori, sehingga kalori dalam tubuh akan lebih cepat terbakar. Namun, peningkatan laju pembakaran kalori ini belum diketahui apakah Anda bisa menurunkan berat badan atau tidak.

Tidak hanya itu, Walsh mengatakan bahwa ketika air panas masuk ke dalam tubuh, sensor saraf di mulut, kerongkongan dan perut menstimulasi bagian sentral dari kesenangan di otak menjadi lebih aktif. Itu sebabnya air panas dapat digunakan sebagai minuman bermutu tinggi ketika datang ke penurunan berat badan.

5. Membantu membuang racun dalam tubuh

Air panas juga memiliki peran dalam membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Minum air panas akan meningkatkan suhu tubuh Anda. Peningkatan suhu tubuh ini akan merangsang proses berkeringat.
Sekarang proses ini adalah salah satu cara yang dilakukan tubuh untuk membuang racun. Karena itulah air panas diiklankan sebagai minuman yang dapat membantu proses detoksifikasi. Selain tubuh yang mengeluarkan racun dari keringat, itu juga membantu tubuh membersihkan pori-pori.

6. Membantu mengatasi akalasia

Manfaat lain dari meminum air panas adalah untuk orang-orang dengan achalasia. Akalasia adalah kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan mendorong makanan ke dalam perut. Orang-orang dengan akalasia biasanya mengalami kesulitan menelan dan kadang-kadang mereka merasa seperti ada makanan yang terperangkap di kerongkongan.
Para peneliti belum dapat menunjukkan hal ini secara ilmiah, tetapi air hangat diyakini dapat membantu orang dengan akalasia mencerna makanan dengan lebih nyaman. Selain itu, ketika makan makanan berlemak dan makan daging berserat atau sulit dicerna, air panas sangat berguna untuk mengangkut makanan ke esophagus.

baca juga :

Author: eadp0