Khasiat daun tempuyung sebagai obat peluruh batu ginjal

Rumus dan contoh simple past

Khasiat daun tempuyung sebagai obat peluruh batu ginjal

Khasiat daun tempuyung sebagai obat peluruh batu ginjal
Khasiat daun tempuyung sebagai obat peluruh batu ginjal

Khasiat tempuyung sebagai obat peluruh batu ginjal telah dibuktikan oleh Prof.Dr. Sarjito (UGM-Yogyakarta) melalui penelitian yang dilakukannya. Hasil penelitian menyebutkan bahwa air rebusan daun tempuyung terbukti dapat meluruhkan batu ginjal.

Khasiat daun tempuyung sebagai obat peluruh batu ginjal

Dalam penelitian tersebut, Prof.Dr. Sarjito melakukan uji coba dengan merendam batu ginjal dalam air rebusan daun tempuyung dengan suhu kamar 30-35o celcius. Setelah perendaman dalam waktu yang ditentukan. Kemudian bobot batu ginjal tersebut ditimbang. Hasilnya ternyata bobot batu ginjal mengalami penurunan dibandingkan sebelum direndam dalam air rebusan daun tempuyung. dari penelitian tersebut, diperoleh fakta bahwa kalium dalam daun tempuyung bermanfaat sebagai peluruh batu ginjal.

selain sebagai peluruh batu ginjal, Daun tempuyung juga memiliki efek diuterik (peluruh kencing). Sifat yang dimilikinya ini tentu saja baik bagi tubuh karena kelebihan kalisum karbonat (pembentuk batu ginjal) dapat dikeluarkan dari dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya pengendapan dan pengkristalan.

Mengolah daun tempuyung sebagai obat peluruh batu ginjal
Penggunaan daun tempuyung dan obat-obatan herbal sejenis sebagai obat peluruh batu ginjal sifatnya adalah untuk meringankan saja. Tapi ada kemungkinan juga bila penggunaannya dilakukan secara terus-menerus dengan dosis yang dianjurkan. Khasiatnya bisa jauh lebih maksimal.

Pertumbuhan tempuyung di pinggir jalan

Berikut beberapa ramuan obat tradisional batu ginjal dengan memanfaatkan daun tempuyung yang diolah secara tunggal, ataupun dengan mencampurnya dengan bahan herbal sejenis yang memiliki khasiat sama. Pencampuran bahan-bahan tersebut dimaksudkan untuk lebih meningkatkan khasiat dari ramuan obat yang dibuat.

Ramuan pertama:

Siapkan daun tempuyung kering sebanyak 250 gram, lalu rebus dengan 250 cc air sekitar 10 menit, minum air rebusannya secara rutin dalam keadaan dingin.

Ramuan kedua:

Daun tempuyung segar, daun alpukat segar dan daun sawi segar @ 5 lembar, dicuci bersih. Kemudian rebus dengan 3 gelas air, tambahkan gula merah ukuran 2 jari. Hentikan proses perebusan ketika air tersisa kurang lebih 2 gelas. Angkat dan tiriskan. Saring dan minum air rebusan 2 kali sehari pagi dan sore @ 1 gelas.

Ramuan ketiga:

Daun tempuyung segar 5 lembar, jagung muda 6 buah, gula merah ukuran 3 jari. Cuci bersih daun tempuyung dan jagung, lalu potong-potong. Rebus semua bahan dengan air 3 gelas sampai tersisa 2 gelas. Angkat dan dinginkan. Saring dan bagi 3 ramuan. Minum 3 kali sehari @ 1 bagian.

Sumber : http://www.ngegas.com/

Author: eadp0