Bahasa Indonesia Sebagai Pemersatu

Bahasa Indonesia Sebagai Pemersatu

Bahasa Indonesia Sebagai Pemersatu

Bahasa Indonesia Sebagai Pemersatu
Bahasa Indonesia Sebagai Pemersatu

Bahasa Indonesia Sebagai Lambang Pemersatu

Indonesia tercatat sebagai Negara dengan suku bangsa terbanyak didunia, yang memiliki 1.128 suku bangsa dengan 750 bahasa daerah. dimana masing masing suku yang ada saling berinteraksi dengan bahasa yang berbeda-beda, karena perbedaan itulahBahasa indonesia sebagai bahasa nasional hadir menjadi wujud pemersatu atas keanekaragaman yang dimiliki bangsa ini tanpa menghilangkan tutur bahasa daerahnya masing masing. Bahasa Indonesia sendiri merupakan bahasa yang berakar pada dialek bahasa melayu yang telah ada jauh sebelum kemerdekaan negeri ini diproklamasikan, sebagai bahasa perhubungan yang luas yang semakin berkembang sejak dilarangnya penggunaan bahasa belanda pada masa penjajahan jepang di Indonesia.

 

Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa nasional

Pada Sumpah Pemuda (28 oktober 1928). Yang menyatakan dengan tegas sebagai bahasa nasional melalui isi kandungan dari sumpah pemuda yaitu “Kami Poetra Poetri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia”.Disamping itu bahasa Indonesia adalah bahasa yang digunakan pada acara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, keberadaan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional diperkuat UUD ’45 Pasal 36 yang menyatakan“Bahasa resmi negara adalah bahasa Indonesia”.
Disamping bahasa Indonesia, Bendera Merah Putih memiliki andil tersendiri dalam hal persatuan bangsa Indonesia, yang memberikan suar dan pemersatu nusantara sebagai lambang kesetiaan untuk tetap satu yang diisyaratkan melalui warna merah yang berarti darah dan tubuh manusia Indonesia, dan warna putih yang mewakili jiwa manusia Indonesia, kedua warna saling mengisi dan menyempurnakan satu sama lain, secara garis besar bisa diartikan sebagai semangat perjuangan jiwa dan raga demi kesatuan republik Indonesia meskipun lahir dari bebagai macam suku yang berbeda.

Konon, ketika majapahit berkuasa dinusantara

Para prajuritnya diwajibkan untuk bersumpah setia jiwa dan raga untuk melindungi keberadaan bendera merah putih dimana pun bendera ini berada, mengingat pentingnya hal ini pemerintah Indonesia membuat dasar hukum tersendiri, seperti tercantum dalam UUD ’45 pasal 35 sertaPeraturan Pemerintah No. 40/1958 tentang keberadaan Bendera Kebangsaan Republik Indonesia.

 

Pengertian Bahasa

Menurut Gorys Keraf (1997 : 1), Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Mungkin ada yang keberatan dengan mengatakan bahwa bahasa bukan satu-satunya alat untuk mengadakan komunikasi. Mereka menunjukkan bahwa dua orang atau pihak yang mengadakan komunikasi dengan mempergunakan cara-cara tertentu yang telah disepakati bersama.  Lukisan-lukisan, asap api, bunyi gendang atau tong-tong dan sebagainya. Tetapi mereka itu harus mengakui pula bahwa bila dibandingkan dengan bahasa, semua alat komunikasi tadi mengandung banyak segi yang lemah.

         Bahasa memberikan kemungkinan yang jauh lebih luas dan kompleks dari pada yang dapat diperoleh dengan mempergunakan media tadi. Bahasa haruslah merupakan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bukannya sembarang bunyi. Dan bunyi itu sendiri haruslah merupakan simbol atau pelambang

Sumber : https://blog.dcc.ac.id/bpupki-sejarah-anggota-tugas-dan-pembentukannya/

Author: eadp0