Cara menghilangkan ngantuk

Penyebab mengantuk

Rasa kantuk yang timbul selama beraktivitas pada siang hari umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

Kurang tidur
Beberapa efek dari kurang tidur, yang mudah mengantuk, kesulitan mengendalikan emosi dan memperlambat respons. Selain kurang tidur, kantuk juga bisa disebabkan oleh tidur berlebihan. Menurut penelitian, orang yang tidur lebih dari 8 jam, lebih mudah merasa mengantuk pada hari berikutnya.

Stres dan depresi
Stres dan depresi menyulitkan seseorang untuk tidur nyenyak di malam hari dan membuat mereka merasa mengantuk di siang hari. Depresi sering dikaitkan dengan berbagai gangguan tidur, seperti insomnia, apnea tidur obstruktif dan sindrom kaki gelisah.

dehidrasi
Kekurangan air minum atau dehidrasi akan membuat tubuh lelah dan kantuk akan muncul. Air putih sangat penting untuk memastikan bahwa semua sistem tubuh bekerja dengan baik, sambil membantu memaksimalkan energi selama aktivitas fisik.

Makan tidak sehat dan terlalu banyak mengonsumsi kafein
Terlalu sering makanan tidak sehat juga dapat menyebabkan kantuk, termasuk terlalu banyak mengonsumsi kafein dan alkohol. Karena itu, selalu berusaha mengadopsi gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi secara teratur.

Jarang bergerak
Berada di komputer atau di meja terlalu lama akan membuat tubuh Anda merasa lelah dan mengantuk. Untuk mengatasinya, cobalah berolahraga sedikit di sela-sela aktivitas kantor Anda. Dengan cara ini, sirkulasi darah dalam tubuh akan mengalir dengan lancar.

Cara menghilangkan ngantuk

Selain faktor-faktor yang disebutkan di atas, Anda juga bisa mudah mengantuk karena penggunaan obat sebagai obat untuk pengobatan penyakit tertentu, seperti hipertensi, asma atau masalah jantung. Rasa kantuk yang muncul juga dapat dipengaruhi oleh kondisi medis seperti anemia, diabetes mellitus dan kekurangan gizi.
Cara tidur

Menyingkirkan kantuk adalah cukup tidur setiap hari. Tidur kurang dari 8 jam dapat menyebabkan kantuk di siang hari.

Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan memajukan tidur. Tetapi jika ini tidak memungkinkan, tidur siang selama sekitar 30-60 menit dapat membantu menghilangkan kantuk.

Selain itu, cara-cara berikut ini juga dapat membantu mengurangi rasa kantuk saat bepergian:

  • Bangunlah dari tempat duduk Anda dan berjalanlah selama sekitar 10 menit jika Anda mulai merasa mengantuk saat bekerja.
  • Beristirahatlah sejenak dari mata Anda dan gerakkan mata Anda dari layar komputer selama beberapa menit.
  • Makan camilan rendah gula seperti kacang, buah segar, atau yogurt.
  • Jika Anda berada di ruangan gelap, coba nyalakan lampu untuk menghilangkan kantuk.
  • Berbicara dengan kolega juga bisa menjadi solusi sempurna untuk menghilangkan kantuk.
  • Ambil napas dalam-dalam untuk meningkatkan kadar oksigen darah dan energi dalam tubuh.
  • Minumlah lebih banyak air untuk mencegah dehidrasi. Sebab, rasa kantuk dapat timbul ketika tubuh tidak memiliki cairan.

Mengantuk juga dapat dihilangkan melalui perawatan medis, terutama jika disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti sleep apnea. Sebelum memberikan perawatan, dokter akan membuat diagnosis kondisi Anda terlebih dahulu, dari:

Tanyakan tentang durasi dan pola tidur Anda setiap hari.
Minta obat-obatan yang sering dikonsumsi.
Tes darah lengkap jika perlu.
Lakukan tes urine dan CT scan di kepala.
Lakukan electroencephalogram (EEG).

Setelah diagnosis, metode perawatan yang akan diberikan tergantung pada kondisi yang menyebabkan kantuk.

Jika mata Anda masih berat bahkan jika Anda telah menerapkan metode yang berbeda untuk menghilangkan kantuk di atas, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Jangan mengecualikan kemungkinan,

baca juga :

 

Author: eadp0