Daop 2 Lakukan Perawatan dan Perbaikan Wesel

Daop 2 Lakukan Perawatan dan Perbaikan Wesel

Daop 2 Lakukan Perawatan dan Perbaikan Wesel

Daop 2 Lakukan Perawatan dan Perbaikan Wesel
Daop 2 Lakukan Perawatan dan Perbaikan Wesel

BANDUNG- Untuk meningkatkan kehandalan prasarana perkeretaapian, PT Kereta Api Indonesia

Daerah Operasi (Daops) 2 Bandung melakukan perawatan dan perbaikan wesel jalan kereta api, khususnya di emplasemen Stasiun Bandung yang jumlahnya mencapai 69 wesel.

Executive Vice President Daop 2 Bandung Saridal mengatakan, rangkaian kegiatan Gerakan Memeriksa Melaksanakan Perawatan Prasaran Serentak (Gempar) itu menjadi andalan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang menggunakan moda transportasi kereta api

“Kali ini kita prioritas memperbaiki 3 wesel dan motor wesel yang berfungsi untuk memindahkan kereta api

dari jalur satu ke jalur lainnya, dimana wesel yang ada saat ini materialnya sudah tua, ada yang berusia lebih dari 50 tahun dan ini harus segera diganti,” tuturnya.

Menurut Sarudal, berdasarkan hasil pantauan petugas dilapangan, lebar jalur sepur saat itu sudah melewati batas ambang yang ditentukan, dimana seharusnya selebar 1.067 mm untuk trek lurus, sedangkan, untuk trek belok standarnya selebar 1.072 mm dengan toleransi 5 mm.

“Kini, lebar jalur itu terhitung sebesar 1.100 mm. Pelebaran jalur sepur itu terlihat di Km 154 +5/6,

karenanya kita normalisasi dulu dengan cara dilas dengan lama usia maksimal 1 tahun.

Saridal menyatakan, pihaknya sudah meminta kepada direksi untuk secepatnya melakukan pergantian wesel, khususnya “wesel Inggris” yang sebagian besar usianya sudah tua, karena jika tidak akan mengganggu perjalanan kereta api.

“Kita menerapkan skala prioritas untuk perbaikan wesel, sambil menunggu pengadaan wesel baru yang rencananya didatangkan dari luar negeri pada Mei 2018 mendatang,” kata Saridal, disela-sela pemantauan perbaikan wesel di Stasiun Bandung, Rabu (07/02).

 

Sumber :

https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/10972-pengertian-jangka-sorong-menurut-ahli-dan-manfaatnya

Author: eadp0