Hal yang dapat merusak sistem kekebalan Anda

Perlawanan adalah kemampuan tubuh untuk menangkal semua jenis kuman yang akan masuk ke dalam tubuh. Jika daya tahan tubuh baik, tubuh akan selalu sehat. Sebaliknya, jika daya tahan tubuh menurun, kuman masuk dengan mudah, sehingga mudah sakit. Karena itu, agar tidak mudah sakit, resistensi harus ditingkatkan.

Sayangnya tanpa disadari, gaya hidup Anda dapat memengaruhi cara sistem kekebalan Anda dapat melindungi Anda dari kuman, virus, dan penyakit kronis. Karena itu, mengubah kebiasaan buruk yang berbahaya bagi kesehatan dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dalam keadaan optimal.

Hal yang dapat merusak sistem kekebalan Anda

Berikut beberapa hal yanHal yang dapat merusak sistem kekebalan Andag dapat merusak sistem kekebalan Anda:

1. Kurang tidur
Jumlah kegiatan yang perlu Anda lakukan terkadang dapat membuat tidur Anda lebih rendah. Kurang tidur dapat mencegah sistem kekebalan tubuh melindungi Anda dari pilek, batuk dan penyakit lainnya. Akibatnya, kurang tidur dapat memengaruhi masalah kesehatan mental dan fisik, termasuk kemampuan untuk meningkatkan produksi hormon stres karena menurunnya resistensi.

2. Jarang bergerak
Kemudahan teknologi terkadang membuat Anda jarang berolahraga karena Anda terlalu asyik menggunakan smartphone, baik Anda bermain game, foto atau game di media sosial. Faktanya, jika Anda tidak berlatih secara teratur, Anda cenderung terserang pilek, batuk, atau penyakit lain karena olahraga dapat meningkatkan perasaan bahagia dan membuat Anda tidur nyenyak sehingga Anda dapat meningkatkan stamina.

3. Terlalu banyak garam dan gula, makan lebih sedikit buah dan sayuran
American Academy of Nutrition and Dietetics menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan bergizi sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi makanan yang dapat mengganggu sistem kekebalan Anda adalah makanan yang kaya akan lemak jenuh, termasuk terlalu banyak mengonsumsi garam dan gula.

Karena itu, untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda, perlu untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin C dan E, seperti jeruk, kiwi, apel, anggur merah, kol, bawang merah, bayam, ubi jalar dan wortel termasuk bawang putih.

4. Stres
Menurut National Cancer Institute, stres berkepanjangan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan stres dapat mendorong otak untuk memproduksi hormon kortisol yang dapat mengganggu fungsi sel T dalam memerangi infeksi. Karena itu, penting bagi Anda untuk mencegah atau mengurangi stres dengan melakukan hal-hal menyenangkan sehingga tubuh Anda rileks, seperti pergi ke pantai, melakukan yoga atau hanya melakukan hobi yang Anda sukai.

5. Kesendirian
Memiliki hubungan yang kuat atau jaringan pertemanan yang baik baik untuk perlawanan Anda. Padahal, menurut sebuah penelitian, orang-orang yang merasa berhubungan dengan teman-teman memiliki kekebalan yang lebih baik daripada mereka yang merasa sendirian.

6. Jangan memiliki selera humor
Ternyata itu baik untuk kesehatan Anda, karena tertawa dapat menghambat produksi hormon stres dalam tubuh Anda dan meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi.

7. Merokok
Anda sudah tahu bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan Anda, termasuk sistem kekebalan tubuh Anda. Kandungan nikotin dalam rokok dapat meningkatkan produksi hormon kortisol dan mengurangi pembentukan antibodi terhadap sel B dan respons sel T dalam memerangi infeksi tubuh.

Bahkan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PLoS One, uap rokok elektrik dapat merusak paru-paru dan membuat perokok vape lebih rentan terhadap infeksi karena radikal bebas dalam rokok elektronik dapat menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan.

Baca juga:

Author: eadp0