Penyebab kebocoran pada radiator

Kita perlu tahu bahwa air radiator adalah bagian dari sistem pendingin mesin, sehingga mesin masih dapat berjalan pada suhu standar untuk pekerjaan mesin. Jangan meremehkan radiator di mobil Anda dan jangan lari atau kehilangan, karena sangat berbahaya. Untuk ini kami akan menjelaskan penyebab kebocoran pada radiator, untuk mengantisipasi bahaya radiator bocor.

Penyebab kebocoran pada radiator

Penyebab kelelahan dan kebocoran radiator:

Kipas pada radiator tidak aktif
Sabuk kipas rusak dan pompa air berhenti berputar
Radiator rusak
Penutup radiator rusak
Kebocoran pompa air
Thermostat terhalang
Istirahat dalam slang radiator
Sensor suhu engine atau ECU menimbulkan masalah

Setelah mengetahui penyebab kebocoran radiator, berikut adalah bahaya radiator bocor jika Anda membiarkannya dan tidak segera melakukannya. Pertama Anda akan merasakan panas mesin mobil, ini akan menyebabkan kematian mesin jika Anda membiarkannya terlalu panas. Anda mungkin merasakan pemogokan di jalan jika terlalu panas dan Anda meninggalkannya, dan terlalu panas akan menyebabkan kebocoran pada sistem pendingin mesin.

Hal terburuk tentang membiarkan mesin terlalu panas dan masih dipaksa berjalan adalah, jika pada saat itu terjadi bahwa oli mesin Anda hampir habis, itu akan mengisi mesin macet. Bisa jadi oli mesin menjadi kering karena panas yang berlebihan dari mes, dan Anda perlu menghabiskan banyak uang untuk melakukan perbaikan.

Tentu saja, setelah mengetahui dampak dan penyebab kebocoran radiator, Anda perlu tahu cara mengetahuinya. Setelah mengetahui cara mendeteksi kebocoran radiator, Anda dapat menghindari bahaya radiator bocor.

Coba nyalakan mesin tanpa menyalakan AC mobil, lalu lihat di bawah mobil apakah ada tetesan air atau tidak. Anda hanya dapat melihat setelah mesin mobil panas, jika ada tetesan air, kemungkinan radiator Anda bocor.
Jika kebocoran terletak di sekitar radiator, mungkin sulit untuk mendeteksinya, karena kemungkinan kebocoran sangat kecil dan ditarik oleh kipas radiator.

Cara lain adalah dengan memperhatikan ketika mobil sedang berjalan, perhatikan pengukur suhu mesin, jika suhu jarum lebih dari setengah batas merah itu menunjukkan kemungkinan kebocoran pada radiator. Jika LED digunakan, biasanya ditandai dengan LED berkedip, yang menunjukkan bahwa suhu mobil Anda lebih tinggi dari biasanya.

Setelah mengetahui metode di atas, jelas radiator harus segera diperbaiki, karena goresan mobil sangat dipengaruhi oleh kebocoran radiator ini. Demikian artikel ini semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang kondisi mesin Anda.

Sumber : https://waheedbaly.com/rental-mobil-lampung/

Author: eadp0