Pengambilan keputusan yang dipertimbangkan dan dipikirkan

Pengambilan keputusan yang dipertimbangkan dan dipikirkan

Pengambilan keputusan yang dipertimbangkan dan dipikirkan

Pengambilan keputusan yang dipertimbangkan dan dipikirkan
Pengambilan keputusan yang dipertimbangkan dan dipikirkan

Mengenali dan mendefenisikan masalah

Hal ini merupakan langkah awal dalam pengambilan keputusan. Masalah adalah perbedaan antara suatu keadaan yang ada dengan keadaan yang diharapkan. Ada tahapannya, yaitu mencapai persetujuan mengenai keadaan yang di inginkan, mencari informasi tentang keadaan sekarang, dan mendiskusikan tentang kesenjanagan tersebut dan mencapai solusi.

  1. Mengumpulkan informasi mengenai masalah yang ada

Langkah kedua ialah mendiagnosis masalah. Mencari informasi yang valid tentang masalah saat ini. Dalam hal ini dapat membuat daftar kekuatan yang mendukung dan kekuatan yang jadi penghalang kemudian di urutkan dari yang terpenting.

  1. Menyusun dan mempertimbangkan alternatif solusi

Langkah ketiga adalah mengidentifikasi dan menganalisis solusi untuk menyelesaikan masalah. Kelompok sering membuat keputusan yang buruk karena tidak memikirkan alternatif solusi dengan baik.

  • Analisis kekuatan lapangan

Analisis ini merupakan cara untuk menentukan strategi dalam memecahkan masalah. Dalam hal ini anggota kelompok harus memikirkan cara untuk mengurangi kekuatan penghalang atau menghilangkannya.

  • Analisis yang berhati-hati

Dalam hal ini kelompok harus mengevaluasi setiap analisis yang ada dan memastikan pertimbangan yang hati-hati dari setiap alternatif yang dilaksanakan.

Halangan

Ada beberapa halangan dalam menyusun dan mempertimbangkan alternatif solusi masalah. Kegagalan mengidentifikasi alternatif yang tepat, penghilangan alternatif yang terlalu cepat tanpa analisis dan evaluasi yang cukup, tekanan untuk bersepakat, kurangnya kemampuan meneliti dan memecahkan masalah, kurangnya prosedur untuk melaksanakan analisis dan kesimpulan.

Memutuskan suatu solusi

Setelah semua alternatif di susun dan di identifikasi, kelompok harus memilih solusi yang akan dilaksanakan. Anggota kelompok memutuskan dengan pertimbangan yang baik, dapat dimengerti, dan tindakan yang realistis terhadap tujuan yang ingin dicapai setiap anggota kelompok.

Mengevaluasi kesuksesan pelaksanaan keputusan

Evaluasi ini dibagi menjadi dua, yaitu evaluasi hasil dan evaluasi proses. Dalam evaluasi proses, di evaluasi selama proses solusi ini dijalankan. Sedangkan pada ealuasi hasil itu ketika solusi sudah dijalankan dan melihat hasil yang didapatkan dari solusi yang telah dijalankan tersebut.

Sumber : https://topsitenet.com/article/213043-understanding-and-examples-of-explanatory-texts/

Author: eadp0