Biografi Shahrukh Khan

Biografi Shahrukh Khan

Shahrukh Khan bermunculan di New Delhi, 2 November 1965. Lahir dari suatu keluarga muslim, Shahrukh berarti “Muka Sang Raja”. Ayahnya, Taj Mohammed Khan, ialah seorang pejuang kebebasan India. Sedangkan ibunya Lateef Fatima, seorang anak angkat dari Jenderal Shah Nawaz Khan. Shahrukh Khan Menjalani kuliah S-1 di jurusan ekonomi pada suatu universitas di India, dan S-2 komunikasi pada suatu universitas Islam di India. Memulai debutnya sebagai aktor semenjak masih duduk di bangku kuliah. Dilahirkan dengan nama yang berarti muka Sang Raja, Shahrukh Khan juga ternyata sukses menjadi di antara orang familiar sejagad. Dia pun menjadi di antara pesohor yang selalu memuliakan persabahatan.

Di India sebenarnya tidak sedikit pesohor yang mempunyai nama family Khan, laksana Salman Khan, Aamir Khan, dan Saif Ali Khan. Namun, melulu Shahrukh Khan yang sepertinya dapat menjadi ikon dari Bollywood. Tayangan hiburan E! pernah memasukkan Shahrukh Khan dalam barisan 101 Lelaki Bertubuh Hot.

Majalah Time memasukkan Shahrukh Khan dalam barisan 20 Pahlawan dari Asia yang berusia di bawah 40 tahun. Belum lagi bila disaksikan dari gelar yang didapatkan secara non formal laksana King of Bollywood, The Tom Cruise from India, King Khan dan sebagainya. Khan ialah sosok yang dapat mewakili kesuksesan Bollywood menggantikan figur generasi sebelumnya, Amitabh Bhachchan.

Berdasarkan keterangan dari Shahrukh Khan, andai ditelisik lebih jauh family ayah dan ibunya berasal dari Afganistan. Sejak kecil, belum terlintas bahwa hidupnya bakal sukses andai menjalani karier di dunia hiburan. Minat Shahrukh Khan pada seni peran mulai hadir saat ia kuliah di Mass Communications di Universitas Jamia Millia Islamia. Ia mulai hadir ke industri hiburan selama tahun 1988 saat memerankan film televisi berjudul Fauji. Sejak ketika itu, Shahrukh Khan mulai sering hadir dalam film-film televisi tergolong Circus pada tahun 1989.

Shahrukh Khan mulai memerankan film layar lebar selama tahun 1992 dalam film berjudul Deevana. Film kesatu Shahrukh Khan ini sempat menjadi box office dan melambungkan nama Shahrukh Khan ke jajaran aktor-aktor Bollywood yang diperhitungkan. Sampai ketika ini tak tidak cukup dari 67 film sudah diperankan aktor ini tergolong Kuch Kuch Hota Hai, Mohabbatein, dan Rab Ne Bana Di Jodi.

Shahrukh Khan bukan sekadar aktor atau sutradara. Ia telah menjadi legenda film Bollywood. Sampai ketika ini saja tak tidak cukup dari 59 penghargaan telah diraihnya tergolong dari Filmfare Award, Star Screen Award, International Indian Film Academy Award, Zee Cine Award, Bollywood Movie Award, Global Indian Film Award, dan Apsara Film & Television Producers Guild Award.

Namun andai ditanya kuncinya menemukan kesuksesan, Shahrukh selalu melafalkan dua urusan yang sangat penting, banting tulang dan mengawal persahabatan. Kerja keras yang disinggung sebagai kunci bahkan tidak jarang kali meminta korban pada tubuhnya sendiri. Tak jarang Shahrukh mesti merasakan kesakitan dampak kecelakaan ketika syuting.

Shahrukh Khan tanpa belas kasihan mendepak Ray dari rumah buatan miliknya sejumlah tahun lalu. Shahrukh Khan disinggung mengata-ngatai dengan kalimat yang yang tajam. Bahkan laksana dikutip Femalefirst, Ray juga bersumpah tidak bakal pernah melupakan kejadian tersebut.

Hubungan mereka tambah buruk ketika Khan bareng sang istri Gauri Khan menyimpulkan untuk tidak menghadiri pernikahan Ray dan Abhishek Bachan pada 21 April 2007. Setelah perang urat syaraf bertahun-tahun, hubungan Khan dengan Ray mencair ketika bertemu di acara ulang tahun Karan Johar, pembimbing acara familiar di India, pada hari Senin, 25 Mei 2009.

Dalam kehidupan pribadi, Shahrukh tergolong orang yang terbuka. Saat memperbanyak ketiga anaknya, Aryan Khan dan Suhana Khan serta Abram Khan, ia tidak memaksakan pada satu pandangan, walau ia dan isterinya bertolak belakang agama. Agama Shahrukh Khan yakni Islam dan Istrinya Gauri Khan ialah wanita yang bermunculan dan besar dalam doktrin Hindu. “Dua doktrin itu kami pakai untuk memperbanyak mereka,” ujar Khan. Sumber : www.infobiografi.com/

Author: eadp0