Macam Macam Faktur : Pengertian, dan Fungsinya Lengkap

faktur

Berbagai jenis faktur. Ketika kita membeli barang dalam jumlah besar secara kredit atau dengan cicilan, mereka disertai dengan selembar kertas berwarna. Lembar kertas ini biasanya diberikan oleh penjual kepada pembeli atau konsumen. Sekarang inilah yang biasa disebut akun. Namun, ada definisi akun lain sesuai dengan beberapa pendapat dari berbagai sumber, yang bisa dijadikan referensi, yaitu sebagai berikut.

Table of Contents

Definisi Akun

Faktur adalah dokumen dasar yang digunakan sebagai bukti catatan oleh penjual dan pembeli. Secara umum, ini berisi konfirmasi transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit dan dibuat rangkap tiga.
Faktur juga dapat didefinisikan sebagai penghitungan sistem pembelian dan penjualan pinjaman yang diberikan oleh penjual kepada pembeli dalam rangkap tiga.

Biasanya, lembar putih pertama diserahkan kepada pembeli, lembar kedua adalah lembar warna yang disimpan oleh penjual setelah ditandatangani oleh pembeli, dan lembar ketiga biasanya tetap melekat pada buku faktur sebagai salinan faktur.

Faktur adalah file atau dokumen yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli. Faktur biasanya menunjukkan tanggal faktur, tanggal pengiriman barang oleh penjual, sehubungan dengan rincian barang, mulai dari berat, ukuran, harga, biaya, jumlah total uang yang harus dibayar oleh pembeli, kondisi pengiriman barang, ketentuan pembayaran, dll.,

Atau bisa juga diartikan sebagai dokumen yang digunakan sebagai laporan rekening yang harus dibayar oleh pembeli. Sebagai aturan, akun dapat disebut tanda terima.
Faktur juga dapat didefinisikan sebagai rincian pengiriman barang yang berisi daftar, harga, dan masalah lain terkait pembayaran.
Dari semua definisi di atas dari akun, Anda dapat membuat diagram. Faktur adalah selembar kertas yang berisi informasi terperinci tentang pengiriman barang, yang berisi daftar barang, harga barang, dll., Terkait dengan pembayaran.

Fungsi akun

Biasanya, faktur terdiri dari tiga salinan atau tiga lembar. Lembar pertama adalah lembaran warna yang dikeluarkan untuk pembeli yang membayar pembayaran. Kemudian lembar salinan warna untuk arsip penjualan, dan lembar terakhir adalah salinan warna untuk laporan keuangan penjualan.

Selain memberikan informasi tentang nama produk pada saat pembelian, faktur ini juga memiliki fungsi lain, yaitu:

Faktur berfungsi sebagai bukti faktur untuk pengusaha kena pajak yang memasok barang kena pajak atau layanan kena pajak.
Ini berfungsi sebagai bukti pembayaran PPN oleh pembeli barang atau jasa kena pajak kepada pengusaha kena pajak.

Ini juga berfungsi sebagai sarana untuk memperkenalkan kredit pajak untuk pengusaha kena pajak yang telah menyediakan barang kena pajak.

Sebagai bukti pemungutan pajak, seperti PPN / PPn BM untuk barang kena pajak atau impor BKP, yang akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Artikel Lainnya :

Author: eadp0