Rumah Adat Kalimantan Timur

Rumah Tradisional Kalimantan Timur – Kalimantan Timur adalah daerah yang memiliki ciri khas dalam hal budaya. Berbagai pakaian tradisional dan suku-suku terkenal seperti Dayak menjadi identitas yang diserang dan diingat atas nama Kalimantan Timur.

Namun terlepas dari itu, ada jenis budaya lain yang terus melekat pada zaman kita. Budaya adalah rumah tradisional Kalimantan Timur. Rumah tradisional Kalimantan Timur disebut Rumah Lamin. Pada kenyataannya rumah ini pada awalnya adalah rumah identitas milik suku Dayak Kenyahk

Maka pada tahun 1967, pemerintah memutuskan untuk menjadi rumah tradisional. Jika Anda melihatnya sebentar, Rumah Lamin terlihat sangat besar dan luas. Lantai rumah yang terlihat sangat luas tentu bisa ditempati oleh banyak orang.

Rumah Lamin memiliki nilai-nilai filosofis yang ditemukan di bagian-bagiannya. Patung khas di dinding, pagar, tangga dan bagian rumah lainnya yang memiliki nilai filosofis yang baik sebagai penguat.

Rumah Adat Kalimantan Timur

Filosofi rumah tradisional Kalimantan Timur
Fitur-fitur Rumah Lamin tradisional sangat unik
Karakteristik Rumah Lamin sebagai rumah tradisional Kalimantan Timur
1. Ada sebuah patung
2. Bahan konstruksi
3. Warna khas
4. Pembagian ruangan
5. Tangga dan di bawah rumah
6. Aksesori rumah
Filosofi rumah tradisional Kalimantan Timur
Rumah tradisional Kalimantan Timur

Nilai filosofis lainnya adalah ukuran bangunan yang besar, yang menunjukkan komunitas Dayak sebagai komunitas yang hidup bersama dan saling bekerja sama.

Melihat karakter Rumah Lamin, yang sangat besar ukuran dan lebarnya, tentu membuat Anda penasaran untuk mengenalnya lebih dalam.

Bangunan yang sangat besar berisi beberapa tanda tanya tentang bagaimana karakteristik lamineria itu unik. Untuk alasan ini, karakteristik Rumah Lamin sebagai rumah tradisional Kalimantan Timur akan dijelaskan di bawah ini:

Rumah tradisional Padang
Fitur-fitur Rumah Lamin tradisional sangat unik
Rumah tradisional Kalimantan Timur
Rumah Lamin adalah jenis rumah tradisional yang memiliki citra eksternal berupa rumah yang dibuat seperti panggung. Lantai Rumah Lamin terletak pada tabung penyangga berbentuk silinder atau pada sejumlah besar tabung yang tersebar di bagian bawah bangunan.

Ukuran rumah ini adalah 300 m x 15 m x 3 m dan dapat menampung jumlah orang yang sangat besar, yang dapat mencapai 100 orang. Secara keseluruhan, Rumah Lamin terbuat dari kayu ulin yang merupakan pulau khas Kalimantan, terkenal karena sangat tahan lama dan berpengalaman.

Kayu besi, bila terkena air, akan menjadi lebih kuat terhadap besi. Rumah Lamin juga memiliki tangga yang membawa pengunjung ke lantai rumah. Selain beberapa tiang yang menopang lantai rumah, ada juga tiang yang menopang atap rumah dengan bahan yang sama.

Ini adalah beberapa karakteristik Rumah Lamin sebagai rumah tradisional di Kalimantan Timur yang megah dan luas. Gaya spesifik rumah akan dijelaskan lebih lanjut dalam Rumah Lamin yang khas.

Mengetahui karakteristiknya, tentu saja dimungkinkan untuk mendapatkan gambar Rumah Lamin sebagai rumah tradisional Kalimantan Timur secara keseluruhan. Berikut ini adalah ciri-ciri rumah tradisional Kalimantan Timur yang menarik untuk diketahui.

Karakteristik Rumah Lamin sebagai rumah tradisional Kalimantan Timur
Rumah tradisional Kalimantan Timur
Ada beberapa fitur rumah tradisional di Kalimantan Timur yang menarik untuk diketahui, yaitu:

1. Ada sebuah patung
Karakteristik pertama dan utama dari rumah tradisional Kalimantan Timur ini adalah patung etnik yang indah dalam bentuk gambar yang signifikan. Gambar pahatan biasanya memiliki motif makhluk hidup

Seperti penampilan wajah manusia, tumbuhan, hewan, dll. Menurut kepercayaan setempat, ukiran yang dibuat dapat menjaga keluarga menempatinya dari bahaya sihir hitam yang mereka serang kapan saja.

Rumah tradisional di Sumatera Utara
2. Bahan konstruksi
Bahan bangunan yang digunakan adalah kayu ulin, yang hanya bisa diperoleh di hutan Kalimantan. Kayu ulin adalah kayu terbaik dan sangat kuat dan tidak mudah terkena elemen.

Jadi saat terkena air, kayu ini justru menjadi lebih keras dan kuat seperti besi. Karena alasan ini, banyak orang melabeli mereka dengan kayu besi, yang dapat digunakan secara efektif untuk menopang lantai dan dinding.

3. Warna khas
Rumah Lamin memiliki bentuk warna khas yang didesain kontras dan mampu menghiasi pangkal dinding. Kuning, merah, hitam, biru dan putih adalah warna-warna utama yang sering Anda pilih

Sumber : https://santinorice.com/

Author: eadp0