Mahasiswa Faperta IPB Mendapat Bekal Pertanian Masa Depan

Mahasiswa Faperta IPB Mendapat Bekal Pertanian Masa Depan

Mahasiswa Faperta IPB Mendapat Bekal Pertanian Masa Depan

Mahasiswa Faperta IPB Mendapat Bekal Pertanian Masa Depan
Mahasiswa Faperta IPB Mendapat Bekal Pertanian Masa Depan

Sebagai penyumbang pangan terbesar di Indonesia, sektor pertanian harus mendapat

perhatian generasi muda saat ini. Terutama pertanian masa depan yang akan didominasi oleh generasi muda yang melek teknologi. Untuk itu, generasi muda perlu bekal dalam menyongsong pertanian masa depan tersebut.

Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (Faperta IPB) bersama dengan Ikatan Alumni Fakultas Pertanian IPB (IKA Faperta IPB) membekali mahasiswa tentang pertanian masa depan. Pembekalan tersebut menghadirkan Corteva Agriscience TM sebagai pemateri yang dilaksanakan pada Jumat (21/12) di Auditorium Thoyib Hadiwijaya, Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Dekan Faperta IPB, Dr. Ir. Suwardi, M.Agr mengatakan bahwa pertanian

sangat penting dalam menunjang kelangsungan hidup penduduk bumi. Tidak hanya soal pangan, pertanian juga termasuk di dalamnya mencakup industri seperti pakaian, lateks, mebel, dan kertas.

“Sekarang mahasiswa, terutama mahasiswa pertanian harus kreatif. Kalau tidak kreatif, di lapangan atau pasca kampus nanti sulit untuk berkembang,” tutur Suwardi.

Dr. Suwardi menyatakan dengan kreativitas yang tinggi, permasalahan pertanian

di masa mendatang dapat diselesaikan sedikit demi sedikit. Ia mencontohkan, pertumbuhan produksi pangan di dunia dapat didesain sesuai dengan pertumbuhan manusia sehingga dapat mencukupi kebutuhan pangan di dunia.

Tidak hanya itu, persoalan semakin sempitnya luas lahan pertanian dapat diselesaikan apabila seseorang memiliki kreativitas tinggi. Dengan lahan yang sempit, produksi dapat meningkat dengan cara meningkatkan produktivitas produk atau komoditi tersebut.

Senada dengan hal tersebut, Ketua IKA Faperta IPB, Dr. Ir. Ernan Rustiadi, M.Agr., mengatakan bahwa mahasiswa pertanian memerlukan pengetahuan dan informasi-informasi di bidang pertanian. Tidak hanya di bidang pertanian, mahasiswa juga memerlukan bekal supaya dapat menghadapi dunia pasca kampus nanti.

“IKA Faperta terus berupaya menjembatani mahasiswa dan alumni untuk bertemu dan sharing pengalaman. Secara khusus, sharing pengalaman di bidang pertanian dan bidang-bidang yang berkaitan dengan pangan,” tutur Dr. Ernan.

Pada kesempatan kali ini, Corteva Agriscience TM memberikan bekal tentang dunia usaha pertanian. Mulai dari breeding, storage, dan agriculture digitalization. Tidak hanya itu, mahasiswa juga dikenalkan tentang mobilisasi perusahaan dan mobilisasi petani sebagai mitra.

 

Baca Juga :

Author: eadp0