Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

pengertian geografi

Pengertian geografi – Apa itu geografi? Banyak yang tidak mengerti dan hanya tahu bahwa geografi adalah cabang ilmu bumi. Tentu saja definisi dan definisi geografi lebih dari itu karena menggabungkan prinsip-prinsip geografis, dimensi geografis dan aspek-aspek geografi lainnya berkaitan dengan kehidupan manusia. Untuk tujuan ini, dalam hal ini kita akan membahas penafsiran keadaan dunia menurut para ahli dan definisi, definisi dan contoh konsep holistik.

Secara umum, geografi dapat diartikan sebagai studi tentang tempat dan kesamaannya, serta perbedaan spasial dari karakteristik fisik dan manusia pada permukaan bumi. Kata geografi sendiri berasal dari kata Yunani geo yang berarti bahwa bumi dan graphein berarti menulis atau menggambarkan. Geografi juga diajarkan sebagai sumber daya di sekolah dan tingkat pendidikan lainnya.

Penjelasan geografi

Apa arti posisi bumi? Ada banyak definisi dan ide tentang makna geografi. Beberapa definisi konsep geografis sebenarnya hampir identik dan serupa, tetapi ada juga perbedaan dan perbedaan pendapat. Sementara itu, pemahaman geografis dan artinya serta artinya akan dijelaskan.

Penjelasan geografi
Apa sebenarnya arti geografi? Reaksi ini ditandai oleh pemahaman geografis menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Berdasarkan KBBI, definisi geologi adalah ilmu bumi, iklim, populasi, tumbuhan, hewan dan hasil yang diperoleh dari bumi.

Pemahaman geografi menurut para ahli

Berikut ini adalah deskripsi geografi menurut para ahli yang dikutip dari ilmubelajar.com, juga menurut Ikatan Geografi Indonesia (IGI) dan pakar lainnya, baik pakar Indonesia maupun pakar dari berbagai negara di luar negeri.

Eratosthenes
Menurut Eratostene, yang membahas pada abad pertama, kata geografi berasal dari kata geografi yang berarti menulis atau menggambarkan wajah bumi.

Claudio Tolomeo
Memahami geografi menurut Claudio Tolomeo adalah pengantar peta beberapa dan seluruh dunia.

Preston E. James
Memahami geografi Preston E. James dapat digambarkan sebagai ibu dari semua ilmu, ini karena bidang ilmu selalu dimulai dari perspektif global yang berkembang dalam setiap studi ilmiah.

Karl Rither
Jograi adalah studi tentang dunia sebagai tempat kehidupan manusia. Studi geografi dapat mencakup berbagai fenomena terestrial, faktor biologis dan biologis yang berkaitan dengan kehidupan manusia, termasuk aktivitas manusia, juga dibahas.

ULobeck
Visi Lobeck tentang makna geografi dikembangkan pada tahun 1939. Geografi adalah studi yang membahas hubungan antara kehidupan dan alam.

Frank Debenham
Pada tahun 1950, Frank Debenham berpendapat bahwa geografi adalah ilmu yang bertanggung jawab untuk menafsirkan distribusi fakta, pencarian hubungan antara kehidupan manusia dan ruang fisik, dan penjelasan tentang kekuatan komunikasi antara manusia dan alam.

Ullman
Memahami geografi menurut komunikasi antar ruang Ullman. Pandangan Ullman ini dijelaskan pada tahun 1954.

Alexander
Menurut Alexander pada tahun 1958, geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada berbagai aktivitas manusia. Dari perspektif ini, diskusi dimulai pada interaksi antara aktivitas manusia dan efeknya terhadap lingkungan.

Hartshorne
Menurut Hartshorne pada tahun 1960, geografi adalah ilmu yang memiliki keinginan untuk memberikan interpretasi yang hati-hati, teratur dan rasional dari perubahan lanskap dunia.

Strabo
Geografi terkait erat dengan fitur geografis, fitur tertentu, dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Ide Strabo pada tahun 1970 disebut konsep atribut alami tempat itu.

Ekblaw dan Mulkerne
Geografi adalah ilmu yang mempelajari dunia dan kehidupannya, yang memengaruhi visi hidup kita, makanan yang kita makan, pakaian yang kita gunakan setiap hari, rumah-rumah di mana kita tinggal dan tempat-tempat di mana kita menikmati diri kita sendiri.

Paul Vidal de La Blance
Berdasarkan Paul Vidal de La Blance, geografi adalah studi tentang kualitas negara, di mana penentuan kesehatan tergantung pada bagaimana orang memperlakukan spesies.

Bintarto
PROF. Pada 1981 Bintarto berargumen bahwa geografi mempelajari hubungan fenomena fase terestrial, baik fisik dan terkait dengan kesehatan biologis, dan masalah mereka melalui pendekatan geografis, ekologis dan regional untuk sistem laba, proses dan pengembangan yang efektif.

Ikatan Geografi Indonesia (IGI)
Berdasarkan hasil seminar di kota Semarang pada tahun 1988, Asosiasi Geografi Indonesia atau IGI meyakini bahwa geografi adalah studi serupa, dengan perbedaan geografis dalam hal sifat regional dan geografis.

Herioso Bergaya
Teori Herioso Setiyoni pada tahun 1996, yang menurutnya geografi adalah studi tentang hubungan antara manusia dan lingkungannya dan mengacu pada model distribusi global.

Von Rithoffen
Geografi adalah studi tentang benda-benda dan sifat bumi dan penghuninya, yang diatur sesuai dengan posisi mereka, dan telah berusaha menjelaskan hubungan antara simbol-simbol dan simbol-simbol ini.

haris
Geografi adalah ilmu yang mempelajari setiap aspek atmosfer bumi dalam konsep penggunaan ruang yang ada di permukaan bumi. Visi Haris diumumkan pada 2012.

Baca Juga :

Author: eadp0