Pengertian Qada dan Qadar

Pengertian Qada dan Qadar

Memahami Qada dan Qadar – Bagi orang Muslim, tentu saja, mereka sudah akrab dengan kata qada dan qadar. Ketika itu terserah mereka untuk percaya bahwa ada Qada dan qadar di pilar keenam iman.

Namun, secara umum masih belum banyak yang tidak benar-benar memahami perbedaan antara qada dan qadar. Sekalipun seorang muslim tetap percaya pada rukun iman.

Memahami Qada

Perlu diingat bahwa itu berarti hukum Tuhan, Prinsip Allah, kehendak Tuhan, tentu saja semuanya berasal dari Tuhan Yang Mahakuasa. Karena Tuhan Maha Kuasa.

Dimana menurut istilahnya, Qada adalah hukum, tekad dan kehendak Allah SWT. Dari saat orang tua. Di mana sebelum kehidupan, Tuhan menulis apa yang akan terjadi. Baik atau buruk. O kesehatan atau kematian yang baik.

Allah telah memerintahkan hamba-hamba-Nya yang setia untuk percaya pada Qadians seperti pada kata-kata Allah dalam Alquran. Allah SWT berkata:

َ َ ي يَََ … ه ه

yanzhuruuna ilbaan ay ya`tiyahumullohu fii zhulalim minal-ghomaami wal-malaaa` a qudhiyal-amr, ilatuhi turja’ul-muur kartun

“Tidak ada yang mereka tunggu kecuali kedatangan (penghakiman) Allah dan para malaikat di bayang-bayang awan, ketika kasus mereka (mereka) telah diputuskan. Dan kepada Allahlah semua urusan dikembalikan.”
(Surat al-Baqarah 2: Ayat 210)

Allah SWT berkata:

َا َۚ ۚ َ َ َ

kazaalik, rob robuki adalah ‘alayya hayyin, wa inaj’alahuuu aayatal lin-naasi wa rohmatam minnaa, berarti amrom maqdhiyyaa

“Dia (Jibril) berkata:” Demikianlah Tuhanmu berfirman: Mudah bagiku, dan bahwa kita telah menjadikannya suatu tanda (kebesaran Allah) bagi manusia dan sebagai rahmat dari kita; dan ini adalah pertanyaan yang pasti. “(Qur’an, 19: Ayat 21)

Dalam ayat-ayat ini, Allah menyebutkan kasus, keputusan diputuskan oleh AllAH SWT. Sebagai tanda kebesaran bagi orang percaya.

Memahami Qadar

Dalam bahasa, qadar berarti tekad, keamanan ilahi.
Sedangkan secara istilah, qadar berarti tekad tertentu yang telah ditetapkan oleh Allah SWT sejak zaman Azal. Baik apa yang terjadi, sedang terjadi, dan apa yang akan terjadi.

Pentingnya iman dalam Qada dan Qadar

Kepercayaan pada pilar keenam iman (qada dan qadar) sangat penting bagi kehidupan manusia. Di antaranya adalah:

  • Selalu berterima kasih kepada Allah SWT. Selalu bersyukur kepada Tuhan ketika Tuhan memberi Anda rahmat supernatural. Percayalah bahwa takdir Allah SWT adalah untuk memberikan yang terbaik dari semua makhluk.
  • Itu jauh dari lancang. Jadi ingat juga bahwa semua yang terjadi adalah kehendak Tuhan, jangan sombong ketika keinginan menjadi kenyataan, karena pada kenyataannya Allah SWT membantu setiap usaha yang dilakukan.
  • Baik. Dia selalu memiliki harapan, apa pun yang terjadi adalah kehendak Tuhan yang terbaik untuk hamba-Nya. Jika dia gagal kali ini, mungkin Tuhan akan menggantikannya.
  • Tenangkan jiwa. Ingatlah selalu Tuhan, semua kehendaknya dan semua keputusannya. Itu akan menambah rahmat dan mengurangi jiwa bagi mereka yang beriman.

Baca Juga :

Author: eadp0