Tips Melatih Anak Menjadi Pemberani

Tips Melatih Anak Menjadi Pemberani

Bagaimana tips mengajar anak kita jadi pemberani yang tidak kenal fobia pada orang lain? Yuk simak kiatnya di sini!

Ajarkan Anak Bersosialisasi
Kendati kita sibuk, sempatkan masa-masa paling tidak dua atau tiga hari dalam seminggu guna mengajari anak bersosialisasi. Caranya tentu ialah dengan menyuruh anak ke tempat-tempat ramah anak laksana taman, atau wahana bermain anak cocok usianya.

Tidak Memaksa Anak Bagi Berkenalan dengan Orang Baru
Beberapa anak gampang akrab dengan rekan sebaya, tetapi malah mengalami ketakutan berlebihan ketika bertemu dengan orang dewasa. Hal itu dapat dirangsang oleh tidak sedikit hal, laksana misalnya, wajah orang dewasa yang dirasakan mengerikan.

Hindari Perilaku Overprotective
Tahukah kita bahwa ketakutan anak untuk orang beda kadang juga dapat disebabkan oleh diri kita sendiri? Ada tidak sedikit orangtua yang terlampau overprotective alias terlalu mengayomi dan memberi batas anak. Alasannya beragam, kebanyakan sebab takut sesuatu yang buruk terjadi pada anak.

Perilaku overprotective ini terkadang tak sengaja terbawa ketika anak bersosialisasi. Misalnya, tidak mengizinkan anak untuk terlampau dekat pada rekan sebaya sebab takut sakit, atau melarangnya dekat dengan orang dewasa sebab takut disakiti, dan sebagainya.

Jangan Menakut-Nakuti Anak Terlalu Berlebihan
Beberapa orangtua secara tak sadar memunculkan ketakutan pada anak dengan memberikannya cerita-cerita menyeramkan.

Misalnya, mengancam anak bahwa bila dia tidak inginkan tidur, maka dia bakal dibawa oleh hantu, atau akan dilarikan oleh orang jahat.

Memahami Trauma Anak
Ya, tanpa kita ketahui, ketakutan anak terhadap orang lain dapat dipicu oleh trauma ketika dia bersosialisasi. Bisa saja anak kita pernah dinakali oleh temannya, atau pernah dikasari oleh orang dewasa.

Bila anak kita sudah dapat bicara, ajaklah dia guna berdiskusi. Dan andai anak belum dapat bicara, coba guna temani dia bersosialisasi, dan ajarkan dia mengenai sekian banyak hal di luar sana dengan teknik mengajak jalan-jalan, naik angkutan umum, dan beda sebagainya.

Sumber : http://www.merkfunds.com/exit/?url=https://www.pelajaran.co.id

Author: eadp0