Unikom Gandeng 25 Instansi dan Lembaga Asosiasi Profesi

Unikom Gandeng 25 Instansi dan Lembaga Asosiasi Profesi

Unikom Gandeng 25 Instansi dan Lembaga Asosiasi Profesi

Unikom Gandeng 25 Instansi dan Lembaga Asosiasi Profesi
Unikom Gandeng 25 Instansi dan Lembaga Asosiasi Profesi

COBLONG – Universitas Komputer (Unikom) menggandeng 23 perusahaan,

instansi dan lembaga asosiasi profesi untuk mempermudah mengarahkan mahasiswanya. Penandatangan memorandum of understanding (MoU) ini dilakukan antara program studi Ilmu Komunikasi Unikom bersama 25 perusahaan, instansi dan lembaga asosiasi profesi di Auditorium Unikom, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, kemarin (18/1).

Ke-25 perusahaan, instansi dan lembaga asosiasi profesi tersebut di antaranya, Jabar Ekspres, Koran Sindo Jabar, RRI Bandung, MQTV, PRFM, ASPIKOM, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jabar, Travello Hotel dan lain-lain.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unikom Prof Dr Samugyo Ibnu Redjo MA

mengatakan, tujuan MoU ini untuk memperluas jejaring dengan instansi-instansi yang berkecimpung di bidang komunikasi. ”Kerja sama ini untuk mempermudah dengan instansi-instansi tersebut. Pokoknya dengan instansi-instansi yang berkecimpung dalam dunia komunikasi juga,” ujar Samugyo.

Dia menyontohkan, mahasiswa bisa dengan mudah ketika akan melakukan tugas praktik kerja profesi (PKK). Menurut dia, pengajaran teori di kampus harus terus disinergikan dengan praktik di lapangan. Dalam hal ini, lembaga di luar kampus yang sangat diperhitungkan di Tanah Air.

Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unikom Dr Rismawaty MSi mengatakan

, kerja sama ini meliputi praktik kerja lapangan bagi mahasiswa, kuliah umum, kunjungan study tour, penelitian, diskusi dan pengabdian kepada masyarakat.

”Sejauh ini, kerja sama sudah dilakukan, namun belum dibakukan dalam bentuk penandatangan piagam kerja sama,” ungkap dia.

Dia menambahkan, mahasiswa Unikom memiliki latar belakang yang baik. Sehingga, sebanyak 90 persen mahasiswa selalu diterima instansi atau perusahaan baik dalam kerja praktik lapangan maupun penelitian.

Menurut dia, mahasiswa Unikom diwajibkan melakukan praktik kerja lapangan pada semester 7. Untuk penentuan tempatnya, mahasiswa diharuskan mencari sendiri. Dengan adanya MoU ini, kata dia, pihak kampus akan merekomendasikan perusahaan atau instansi yang telah bekerja sama.

”Misalnya, konsentrasi jurnalistik bisa praktik ke perusahaan media cetak, radio ataupun televisi. Sedangkan konsentrasi humas, biasanya jenadi public relation, baik di BUMN maupun swasta. Jadi arahnya mahasiswa harus jelas” imbuh dia.

 

Baca Juga :

 

 

Author: eadp0