Tips Mengajarkan Anak Puasa Pertama Kali

Tips Mengajarkan Anak Puasa Pertama Kali

Mudah untuk menciptakan anak belajar puasa kesatu kali. Orangtua dapat mengupayakan tips mengajarkan anak puasa.

Beri Pengertian Puasa
Orangtua perlu menyerahkan pengertian pada anak kenapa harus berpuasa. Meskipun anak belum begitu paham, tetapi dengan menyerahkan pengertian tersebut diinginkan anak bakal lebih terdorong guna melakukan pelajaran puasa.

Tidak Harus Puasa Penuh
Kita bisa memberi kelonggaran guna anak ketika berlatih puasa kesatukali. Tidak mesti berpuasa sampai Maghrib, tetapi anak dapat melakukannya secara bertahap.

Berikan Dorongan dan Semangat
Orangtua butuh memberikan desakan dan semangat ketika anak berlatih puasa. Dorongan dari orangtua ini dapat membuat anak merasa senang sampai-sampai anak pun energik untuk menjalankan ibadah ini.

Di samping memberi suntikan motivasi, paling baik andai orangtua menyerahkan hadiah andai anak sukses tuntas berpuasa. Sebagai hadiahnya, barangkali kita dapat memberikannya kitab atau mainan kesenangan anak.

Siapkan Makanan Kesukaan Anak Saat Berbuka
Untuk meningkatkan semangat anak, saya dan anda bisa menyiapkan makanan kesayangan anak guna hidangan berbuka puasa. Anak tentu akan merasa energik menjalankan ibadah ini.

Beri Contoh
Tips mengajarkan anak puasa sangat mudah ialah dengan memberinya contoh. Anak ialah peniru ulung. Saat menyaksikan orangtuanya berpuasa, tentu anak hendak tahu apa tersebut puasa. Kita sebagai orangtua bisa menjelaskannya sekaligus menyuruh anak guna ikut berpuasa.

Kentalkan Nuansa Bulan Puasa
Biar keadaan bulan puasa kian terasa, tak melulu mengajak anak belajar puasa, anda pun dapat menyuruh anak guna ikut salat tarawih, mengaji, bersedekah, dan mengerjakan ibadah lainnya.

Ajak Anak Ngabuburit
Sambil menantikan waktu berbuka puasa tiba, saya dan anda bisa mengajak anak melakukan pekerjaan positif seperti menyaksikan film kesukaan, menyimak buku, atau bermain.

Kuncinya ialah membuat hati anak senang sampai-sampai puasa untuk anak bukanlah urusan yang berat guna dijalankan.

Berburu Makanan Favorit Anak guna Buka Puasa
Kalau ibu lupa menyiapkan makanan kesayangan anak, kita dapat mengajak anak untuk melakukan pembelian makanan kesukaaannya itu. Mungkin anak Anda ialah penggemar pizza. kita dapat menyuruh anak Anda melakukan pembelian makanan itu untuk makanan buka puasa. Anak tentu akan senang dan energik melakukan puasa.

Begitulah tips mengajarkan anak puasa yang gampang dipraktikkan. Intinya, anda selalu berjuang untuk membuat pekerjaan puasa ini menyenangkan untuk anak.

Sumber : http://m.simplepie.org/?feed=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id

Author: eadp0