Besok, Mahasiwa UNAIR Demo ke DPRD Jatim

Besok, Mahasiwa UNAIR Demo ke DPRD Jatim

Besok, Mahasiwa UNAIR Demo ke DPRD Jatim

Besok, Mahasiwa UNAIR Demo ke DPRD Jatim
Besok, Mahasiwa UNAIR Demo ke DPRD Jatim

Ribuan mahasiswa hari ini turun ke jalan memenuhi depan pintu gerbang DPRD Jatim. Seruan satu komando

dilancarkan ke seluruh kampus sebagai bentuk aksi penolakan RUU KUHP, RUU KPK dan menuntut aksi pemerintah RI akan kejadian kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan maupun Sumatera, Rabu (25/9/2019).

Meskipun sudah banyak massa dari kalangan mahasiswa yang turun ke jalan hari ini, dipastikan besok masih akan lebih banyak lagi yang turut bergabung dalam aksi ini. Hari ini perwakilan BEM dari 13 Universitas baik negeri dan swasta bergabung yakni,
1. UNESA
2. UINSA
3. Univ. Bhayangkara
4. UNTAG SURABAYA
5. UNUSA
6. Univ Narotama
7. Univ Wijaya Kusuma
8. Univ 1945
9. STAIL
10. PPNS
11.Univ Dinamika/Stikom
12. STAI Taswirul Afkar
13. UMS

Fernanda Kurniawan, Juru Bicara BEM Universitas Negeri Surabaya menjelaskan, aspirasi satu komando ini

merupakan langkan dari kesepakatan bersama BEM universitas di Indonesia. “Kita di Surabaya turun dari BEM di 13 universitas baik itu PTN maupun PTS di Surabaya. Tuntutan kita sama yakni mendesak adanya revisi UU KUHP, RUU KPK yang melemahkan kewenangan KPK dan Karhutla,” jelasnya.

Sementara segala tuntutan ini akan mereka serukan sampai Kamis (26/9/2019) yang akan mendatangkan massa lebih besar lagi. Bahkan pihak kepolisian sudah melakukan strategi pengamanan untuk mengantisipasi membludaknya peserta demo.

Terkait hal tersebut, universitas lainnya yang akan turut turun ke jalan pada Kamis besok, seperti Universitas Airlangga

(UNAIR) hari ini sedang melakukan kegiatan perkuliahan dengan normal. Dari pengamatan beritajatim.com di Fakultas Ilmu Budaya Unair, baru siang tadi selebaran seruan aksi dibagikan kepada mahasiswa.

“Kelas masih penuh, perkuliahan masih berjalan seperti biasa,” ungkap Ikhsan Rosyid, Dosen Sejarah di FIB UNAIR.

Ditanyai beberapa mahasiswa FIB UNAIR yang mendapatkan selebaran aksi, mereka mengatakan tergerak hatinya untuk mengikuti aksi demo ke gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura, Surabaya. Seperti yang diungkapkan oleh Miftahul Ulum, Mahasiswa Sejarah angkatan 2014 yang juga sebagai anggota PMII.

“Teman-teman PMII akan berangkat besok. Harus turut andil inilah momen mahasiswa untuk berusaha dan bersuara,” ujarnya.

 

Baca Juga :

Author: eadp0