Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan

Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan

Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan

Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan
Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan

Penduduk, Mayarakat, dan Kebudayaan

Pada hakikatnya, penduduk, masyarakat, dan kebudayaan adalah suatu konsep dasar yang mempunyai suatu hubungan keterkaitan. Penduduk bertempat tinggal di dalam suatu wilayah tertentu dalam waktu yang tertentu pula, dan membentuk suatu masyarakat di wilayah tersebut. Demikian pula hubungan antara masyarakat dengan kebudayaan, ini adalah hubungan dwi tunggal, yang merupakan kebudayaan adalah hasil dari masyarakat. Kebudayaan terlahir, tumbuh, dan berkembang dalam suatu masyarakat, sebaliknya tidak ada suatu masyarakat yang tidak didukung oleh kebudayaan. Jadi, hubungan antara masyarakat dan kebudayaan merupakan salah satu hal yg mempunyai unsur keterkaitan.

Ø   Penduduk adalah orang-orang yang mendiami suatu wilayah tertentu, dan menetap dalam suatu wilayah, tumbuh dan berkembang dalam wilayah tertentu pula.

 Dalam sosiologipenduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah georafi dan ruang tertentu.
Sedangkan secara harfiah, penduduk atau warga suatu negara atau daerah bisa didefinisikan menjadi dua:

  1. Orang yang tinggal di daerah tersebut
  2. Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan memiliki buktikewarganegaraan,  tetapi memilih tinggal di daerah lain.

Ø  Masyarakat adalah suatu kehidupan sosial manusia yang menempati wilayah tertentu, yang keteraturannya dalam kehidupan sosialnya telah dimungkinkan karena memiliki pranata sosial yang telah menjadi tradisi dan mengatur kehidupannya. Hal yang terpenting dalam masyarakat adalah pranata sosial. Pranata sosial adalah perangkat peraturan yang mengatur peranan serta hubungan antar anggota masyarakat, baik secara perseorangan maupun secara kelompok. Tanpa adanya  pranata sosial kehidupan bersama didalam masyarakat tidak mungkin dilakukan secara teratur.

Ø  Kebudayaan adalah hasil budi daya manusia, ada yang mendefinisikan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Karya manusia menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan, sedangkan rasa mewujudkan segala norma dan nilai untuk mengatur kehidupan dan cipta merupakan kemampuan berpikir dan kemampuan mental yang menghasilkan filsafat dan ilmu pengetahuan.

Baca Juga :

You May Also Like

About the Author: eadp0