KONSEKUENSI EKONOMIS LAPORAN KEUANGAN

KONSEKUENSI EKONOMIS LAPORAN KEUANGAN

KONSEKUENSI EKONOMIS LAPORAN KEUANGAN
KONSEKUENSI EKONOMIS LAPORAN KEUANGAN
Konsekuensi ekonomi adalah konsep yang menyatakan bahwa walaupun bertentangangan dengan implikasi teori pasar modal efisien pilihan kebijakan akuntansi dapat mempengaruhi nilai suatu perusahaan. Hal ini berarti kebijakan akuntansi dan perubahan kebijakan akuntansi tersebut merupakan suatu permasalahan, terutama bagi manajemen. Hal ini dikarenakan akan mengakibatkan manager mengubah hasil operasi perusahaan yang sesungguhnya.
Konsekuensi ekonomis muncul karena perusahaan melakukan kontrak seperti kompensasi eksekutif dan kontrak utang. Adanya kontrak tersebut memberikan motivasi kepada manajemen untuk melakukan pemilihan kebijakan akuntansi yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan yang sesungguhnya. Oleh karena itu, kebijakan akuntansi yang digunakan dapat merupakan sumber informasi yang penting bagi investor. Manajer dapat menggunakan sumber informasi berupa pilihan kebijakan akuntansi sebagai signal tentang informasi perusahaan. Konsekuensi ekonomi diperlukan untuk mengetahui respon pasar atas perubahan kebijakan akuntansi walaupun perubahan tersebut tidak mempengaruhi secara langsung terhadap arus kas perusahaan.
Pelaporan keuangan memiliki beberapa konsekuensi ekonomis (economic consequences of financial reporting) yakni:
  1. Informasi keuangan dapat mempengaruhi distribusi kekayaan diantara investor.  Investor yang memperoleh informasi lebih banyak (mempekerjakan analis sekuritas) mungkin mampu meningkatkan kekayaan mereka daripada investor yang kurang informasi.
  2. Informasi keuangan dapat mempengaruhi tingkatan risiko yang diterima perusahaan.  Fokus pada jangka pendek, memiliki risiko lebih kecil, tetapi mungkin mengandung efek-efek jangka panjang yang merugikan (long-term detrimental effects).
  3. Informasi keuangan dapat mempengaruhi tingkat formasi modal dalam ekonomi dan menghasilkan realokasi kekayaan antara konsumsi dan investasi dalam ekonomi.
  4. Informasi keuangan dapat mempengaruhi bagaimana investasi dialokasikan dalam perusahaan.

Sumber : https://intergalactictravelbureau.com/

You May Also Like

About the Author: eadp0