KONSEP DASAR SISTEM

KONSEP DASAR SISTEM

KONSEP DASAR SISTEM

KONSEP DASAR SISTEM
KONSEP DASAR SISTEM
Sistem (system) dapat didefinisikan dengan pendekatan prosedur dan dengan pendekatan komponen. Dengan pendekatan prosedur, sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari prosedur-prosedur yang mempunyai tujuan tertentu, contohnya: sistem akuntansi. Dengan pendekatan komponen, sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu. Contoh : sistem computer.
Menurut beberapa pakar, pengertian sistem ada berbagai macam:
  • Menurut Jerry Fith Gerald, sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
  • Menurut Ludwig Von Bartalanfy, sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
  • Menurut Anatol Raporot, sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.
  • Menurut L. Ackof, ¬†Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.
  • Menurut Bodnar (2000:1) sistem adalah kumpulan sumber daya yang berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Menurut Hall (2001:5) sistem adalah sekelompok dua atau lebih komponen-komponen yang saling berkaitan (interrelated) atau subsistem-subsistem yang bersatu untuk mencapai tujuan yang sama (common purpose).
  • Krismiaji (2002:1) memberikan pandangan yang sama, yaitu sistem sebagai serangkaian komponen yang dikoordinasikan untuk mencapai serangkaian tujuan.

 

Sebuah sistem informasi dapat didefinisikan dengan cara yang sangat luas sebagai koleksi IT, proceudres, dan orang yang bertanggung jawab untuk menangkap, gerakan, manajemen, dan distribusi data dan informasi.

Author: eadp0