Macam – Macam symbal

Macam - Macam symbal

Macam – Macam symbal

Macam - Macam symbal
Macam – Macam symbal

Seperti sayuran tanpa garam jika drum tidak dilengkapi dengan cymbal,maka dari itu di bawah ini saya akan menjelaskan beberapa macam cymbal untuk sekedar pengetahuan anda :

kita mulai :

1. Paiste 302: Suara yang dihasilkan secara keseluruhan agak mendam, seperti musik yang kurang treble. Sustain cukup pendek dan kurang terdengar didentuman musik. Untuk mengeluarkan suara ‘asli’nya anda perlu memukulnya agak keras. Daya tahannya terhadap pukulan kurang, dan umurnya jika dimainkan terus menerus dengan pukulan keras hanya dapat bertahan sekitar 4 sampai 8 bulan. Bahan dasar yang digunakan merupakan kuningan. Harga berkisar antara Rp 1.200.000 – Rp 1.350.000 untuk satu set-nya (Hihat, crash & Ride).

2. Paiste 402: Karakter suara hampir sama dengan 302 tetapi lebih bright dan lebih tajam sehingga terdengar di dentuman musik. Suara hihatnya cukup memuaskan walaupun pitchnya rendah. Suara ride sangat clear tonenya, tetapi suara bell pada ride agak sedikit tertahan (gated). Suara crashnya pun sangat bright tetapi ada sedikit suara “hummm….” yang cukup mengganggu jika dipukul pelan. Lagi2, cymbal ini tidak tahan lama. Bahkan umurnya bisa lebih pendek daripada 302. Bahannya terbuat dari campuran metal Ns12 nickel silver. Karena campurannya dari bahan nickel, sekilas suara yang dihasilkan seperti suara ‘besi’. Harganya berkisar antara Rp 1.400.000 – Rp 1.750.000 untuk satu set.

3. Paiste 502:Bahannya sudah menggunakan bahan yang sama untuk membuat cymbal Alpha dan bahkan 2002. Masih ada karakteristik cymbal 402, tapi kali ini jauh lebih warm, tebal dan terfokus suaranya. Suara crashnya cukup kaya, tidak seperti 402 yang cenderung tipis. Daya tahannya juga lebih baik dari pada 302 dan 402. Harga persetnya antara Rp 1.750.000 sampai dengan Rp 1.900.000, Minta discount saja pada tokonya. :).

4. Paiste 802:Bahannya sama dengan 502, tapi bentuk dan penampilannya hampir sama dengan seri Alpha. Bahkan sampai suaranya pun hampir sama. Tapi walupun suaranya hampir sama dengan seri Alpha, 802 masih mempunyai karakteristik 402. Daya tahannya luar biasa dan pada saat ini harganya berkisar antara Rp 1.900.000 – Rp 2.200.000.

5. Zildjian ZBT:Lagi2 bahan yang digunakan sama dengan Paiste 802 dan 502, yaitu CuSn8. Sebenarnya bahan cymbal ini terkenal kuat karena lentur. Suaranya crash sangat memuaskan. Sayang, suara ride terlalu berat dan agak kasar tapi suara bell pada ride sangat memuaskan, nyaring. Suara hihat kurang memuaskan, terlalu kasar. Suara keseluruhan warm, bright dan dapat dengan mudah ‘masuk’ kedalam semua jenis musik yang dimainkan. Sebetulnya karakter keseluruhan cymbal memang sangat ‘Zildjian’. Harganya berkisar antara Rp 1.450.000 -Rp 1.650.000.

6. Zildjian ZBT plus: Karakter suaranya hampir sama dengan ZBT biasa, tapi karena kedua sisi cymbal di lathing maka suara yang dihasilkan sangat terprojeksi dan bright serta lebih terdengar ‘professional’nya. Kelebihan dari ZBT plus yang lain adalah pilihannya yang cukup banyak. Cymbal ZBT dan ZBT Plus mempunyai ketahanan yang luar biasa, bahkan bisa sampai bertahun-tahun. Harganya Rp 1.750.000 – Rp 1.950.000.

7. Sabian B8:Yup, lagi bahannya adalah CuSn8. Suaranya mengingatkan kita pada cymbal Zildjian Scimitar (Level entry dari Zildjian yang telah di stop produksinya). Suara secara keseluruhan cukup memuaskan tapi ride-nya telalu washy, tidak begitu fokus. Harga Rp 1.600.000 – Rp 2.000.000 (tergantung toko)
Meinl Marathon:Cymbal atau lempengan besi? Hmmm… suara yang terdengar hanya “Chwwiiinnggg…”. Suaranya ‘cymbal’nya tidak keluar. Pikir 2 kali sebelum membeli cymbal ini. Daya tahannya juga tidak bagus. Harga: N/A.

8. ‘Zildjian’ Planet Z: Planet Z? Pertama kali keluar suaranya memang memuaskan, tetapi kenapa tiba2 bentuk dan suaranya berbeda 180 derajat? Suara secara keseluruhan memang cukup ‘meledak’ tetapi kasar, begitu juga dengan ridenya yang tidak fokus. Daya tahan? Cymbal ini kurang bagus daya tahannya karena keras, tidak lentur. Harga: N/A’

9. ‘Sabian’ Solar: Cymbal ini masih setingkat diatas cymbal Rolling dkk. Tone mungkin bisa sedikit diandalkan, tetapi jangan berharap dari projeksinya. Suaranya bisa dideskripsikan sebagai suara cymbal Paiste 302 yang ditempeli isolasi yang banyak dibawahnya. Yup, suaranya sangat tertahan. Penampilannya pun sangat buruk, sangat kuningan. Pikir 3 kali sebelum membeli cymbal ini. Hargany pun cukup mahal, yaitu diatas Rp 1.200.000

Baca Juga : 

You May Also Like

About the Author: eadp0