Mobil Hidrogen

Mobil Hidrogen

Mobil Hidrogen

Mobil Hidrogen
Mobil Hidrogen

Mobil hidrogen atau sel bahan bakar (fuel cell) segera diproduksi secara komersial. Hal itu terungkap setelah Toyota berhasil menurunkan biaya produksi pembuatan sampai 90 persen. Dengan ini, nantinya, Toyota bisa menjual sedan berbahan bakar hidrogen dengan harga 50.000 dollar Amerika Serikat (AS) atau kurs saat ini setara dengan Rp 470 juta.

Dibandingkan lima tahun lalu, harga tersebut sudah turun separuh. Hal tersebut diceritakan oleh Yoshihiko Masuda, Managing Director Toyota untuk mobil canggih, saat diwawancarai Bloomberg.

Sebelumnya produsen nomor satu dunia hanya berhasil menurunkan sepersepuluh dari biaya produksi mobil hidrogen yang mencapai 1 juta dollar AS. Setelah diproduksi secara massal, harganya bisa ditekan lagi menjadi separuh, seperti yang diperkirakan sekarang.
“Target kami, tidak mau rugi bila memperkenalkan mobil baru,” kata Masuda di Torrence, California, pusat penjualan Toyota untuk Amerika Serikat. “Biaya produksi harus bisa ditutup oleh harga kendaraan,” tambahnya.
Dengan harga yang makin terjangkau, akan mempercepat pengembangan teknologi mobil hidrogen yang saat masih tertinggal jauh dibandingkan dengan mobil listrik. Beberapa produsen, seperti Toyota, General Motor, Honda, Daimler AG, dan Hyundai Motor, mengatakan siap menjual mobil sel bahan bakar secara ritel kepada publik pada 2015.
Temukan cara 
Untuk membuat harga mobil sel bahan bakar terjangkau, cara yang dilakukan Toyota adalah mengurangi jumlah platina yang digunakan. Di samping itu, Toyota juga telah menemukan cara yang lebih gampang memproduksi lapisan tipis (film) pada sel bahan bakar dan membuat tangki hidrogen dari serat karbon.
Keunggulan mobil hidrogen, emisinya hanya uap air. Jarak tempuhnya lebih jauh dan pengisian ulang lebih cepat dibandingkan baterai (mobil listrik). Kekurangannya, stasiun pengisian masih langka dan perlu biaya mahal untuk infrastrukturnya.
“Hidrogen merupakan elemen yang berlimpah di alam semesta, kita bisa menggunakan untuk selamanya,” kata Gubernur California Arnold Schwarzenegger saat membuka konferensi tentang mobil hidrogen yang diselenggarakan oleh National Hydrogen Asscociation di Long Beach kemarin lusa. “Kita perlu membangunkan pemerintah federal,” tambah bintang Terminator ini.

Sumber : https://solidaritymagazine.org/

Author: eadp0