boot windows 7 dengan linux mint 9

boot windows 7 dengan linux mint 9

boot windows 7 dengan linux mint 9

boot windows 7 dengan linux mint 9
boot windows 7 dengan linux mint 9

Linux Mint 9 dikenal juga dengan nama “Isadora”. Para pembuat Linux Mint memberi code name  atau alias pada setiap versi Linux Mint mengikuti urutan huruf alfabet. Uniknya, setiap versi diberi nama wanita: Helena, Isadora, Julia, Katya dst.

Linux Mint 9 adalah versi LTS (Long Term Support), artinya versi ini akan didukung, dikawal dan diperhatikan sampai April 2013.

Linux Mint 9 aka (also known as) Isadora adalah versi Long Term Support (LTS) Linux Mint. Artinya, versi ini akan terus dikawal, didukung dan dipantau hingga April 2013.

Dual booting adalah istilah yang digunakan untuk menyebut komputer/laptop yang memiliki dua sistem operasi yang sama-sama aktif, seperti dual booting Windows 7 –  Linux Mint, Windows 7 – Windows XP, Windows 7 – Ubuntu dsb.  Pada saat booting (masuk) pengguna akan diminta memilih sistem operasi apa yang akan ia gunakan ketika memakai komputer tersebut.

Linux Mint 9 ini yang notabene adalah turunan dari Lucid Lynx. Kecepatan start-up memang terasa lebih kenceng daripada Linux Mint 8 (Helena)

 Kenali arsitektur komputer Anda.

Pernah mendengar atau membaca simbol x64 dan x32? Kedua simbol tersebut adalah nama-nama arsitektur processor komputer. X64 adalah istilah yang digunakan untuk processor yang setiap register (unit terkecil penyimpanan data) di dalamnya berukuran 64 bit. Demikian pula dengan istilah processor x32: setiap register processor tersebut berukuran 32 bit. X32 sering juga disamakan dengan X86.

Sebagian program 32 bit bisa berjalan dengan mulusi di mesin berarsitektur 64 bit, ada juga yang tidak. Program 32 bit yang bisa dijalankan di mesin 64 bit jelas tidak maksimal, dalam artian bahwa ketika berproses ia hanya menggunakan setengah dari potensi yang ada di mesin tersebut (32 = ½ dari 64), sementara 32 bit lainnya tidak terpakai. Contoh, bila mesin (baca: komputer; processor) Anda berarsitektur 64 bit (x64) dan Anda ingin menggunakan program Winrar, maka Winrar 64 bit akan memberikan performa lebih baik daripada Winrar 32, karena Winrar 64 memanfaatkan semua potensi yang ada di mesin Anda, sementara Winrar 32 hanya memakai setengahnya.

Jadi, bila komputer Anda berarsitektur x64, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena mesin x64 bisa menjalankan Linux x32 dan x64. Bila komputer Anda berarsitektur x32, Anda hanya bisa menjalankan Linux x32, tidak untuk x64. Sebabnya sudah jelas, mesin berbasis 32 bit masih minus 32 bit lagi untuk bisa menjalankan software 64 bit.

Untuk mengetahui arsitektur, klik start menu Windows di kotak pencarian “Search programs and files” ketik “System Information” tanpa tanda petik, lalu klik fail bernama “System Information”. Lihat “System Type”, apakah x64 atau x86/x32.

Baca Juga :

Author: eadp0