Perbedaan Core 2 Duo dengan Dual Core

Perbedaan Core 2 Duo dengan Dual Core

Perbedaan Core 2 Duo dengan Dual Core

Perbedaan Core 2 Duo dengan Dual Core
Perbedaan Core 2 Duo dengan Dual Core
Teman saya belum lama ini merakit sistem dengan basis prosesor quad core Q8400, dan kebetulan server NComputing kantor juga memakai quad core Q8200. Saat mencoba membandingkannya dengan prosessor Core2Duo dengan kecepatan yang hampir sama, tidak ada perbedaan yang signifikan, malah dibeberapa aspek prosesor Core2Duo lebih cepat dari QuadCore.

Saat ini  semakin banyak orang salah persepsi tentang perbedaan kinerja sejati antara prosesor dual core dan quad core.
Jujur saja, ada banyak orang di luar sana yang berpikir bahwa sistem komputer dengan prosesor quad core “lebih baik” dari prosesor dual core hanya karena memiliki 2 kali inti lebih banyak.

Saya tidak mempersalahkan mereka, mungkin karena mereka ingat peribahasa “Dua kepala lebih baik daripada satu” apalagi kalo ada 4 kepala pasti lebih cepat 🙂 Fakta prosesor multi-core
Baiklah kita bandingkan saja dua Prosesor Intel yang banyak dipakai saat ini.
Intel Core 2 Duo E7500 2,93 GHz per core dengan 3MB L2 Cache dibandrol  $120 di Bhinneka.com dan sebagai pembandingnya adalah Intel Core 2 Quad Q8400 adalah 2,66 GHz per core dengan L2 Cache 4MB yang dijual $ 174 di Bhinneka. Karena L2 Cache dibagi sama ke dalam inti masing-masing, kedua prosesor pada dasarnya memiliki jumlah cache yang hampir sama(E7500 sedikit lebih besar), membuat mereka menjadi prosesor yang hampir sama kecuali jumlah core mereka. Karena kecepatan prosessor masing-masing adalah sekitar 2,6 GHz untuk kedua prosesor, apakah ini berarti bahwa quad core dua kali lebih cepat dari prosesor dual core?

Jawabannya adalah tidak! Ini adalah kesalahpahaman utama orang-orang mengenai prosesor dengan multi-core. Anda tidak melipatgandakan kecepatan satu core dengan jumlah core yg dimiliki untuk mendapatkan “jumlah” kecepatan prosesor multi-core.
Dua prosesor dalam contoh ini benar-benar tampil di kecepatan yang hampir sama.

Sumber : https://multi-part.co.id/jurassic-world-alive-apk/

You May Also Like

About the Author: eadp0