Proposal Magang atau Praktek Kerja

Proposal Magang atau Praktek Kerja

Proposal Magang atau Praktek Kerja

Proposal Magang atau Praktek Kerja
Proposal Magang atau Praktek Kerja

Untuk keperluan melamar magang selain Proposal, biasanya dikirimkan bersamaan dengan Surat Pengantar dari pihak kampus, Surat Rekomendasi, Transkrip Nilai terakhir, CV. Proposal magang ini dibuat sesuai kebutuhan dari peserta magang. Tidak semua instansi tempat kita melamar magang mensyaratkan harus menyertakan proposal. Namun ada juga yang meminta peserta magang untuk menyertakan proposal magang yang berisi apa dan untuk apa magang ini dilakukan oleh pelamar, bidang yang ingin ditempati, hingga focus penelitian bagi pelamar yang sekaligus ingin melakukan penelitian tugas akhirnya. “Proposal Magang Kerja” yang saya buat yaitu dengan sistematika sebagai berikut

  1. Pendahuluan

Berikan paparan singkat tentang program magang yang akan dijalani oleh pelamar, apakah ini merupakan program wajib fakultas, kenapa pelamar ingin magang di instansi atau perusahaan yang dituju. Jika proposal ini menyangkut penelitian yang akan dilakukan pelamar, sebutkan juga isu – isu atau bidang yang ingin diteliti, yang melatarbelakangi pelamar mengajukan magang di instansi tersebut.

  1. Identifikasi Masalah

Dari pemaparan latar belakang tadi, lalu rumuskan menjadi beberapa poin pertanyaan “?” menyangkut apa yang sebenarnya ingin diteliti oleh pelamar.

  1. Tujuan

Sebutkan apa saja yang menjadi tujuan yang ingin dicapai pelamar dari program magang yang dijalaninya. (sebutkan per-point)

  1. Metodologi

Bagian ini akan memberikan penjelasan kepada instansi atau perusahaan yang menerima pelamar magang, apa saja yang akan dapat dilakukan, sejauh mana job desk yang akan diberikan dan apa saja yang dibutuhkan oleh pelamar magang.

  1. Kegiatan

Bagian ini kembali menjelaskan kegiatan apa yang akan dilaksanakan dari program magang ini. Sebutkan pula jangka waktu yang diajukan oleh pelamar dan jumlah jam kerja yang harus dipenuhi oleh pelamar (jika menjadi syarat dari kampus). Namun ada pula instansi yang menentukan kapan pelamar dapat memulai dan selesainya magang kerja ini.

  1. Peserta Magang

Jika proposal ini diajukan atas nama individu, sebutkan dengan jelas nama, fakultas & universitas asal pelamar, alamat rumah, nomor telepon (rmh & hp) sehingga mudah dihubungi, email, dll untuk dapat mudah dihubungi.

  1. Penutup
  2. Lampiran

Dalam lampiran ini sertakan Curriculum Vitae (CV) dari pelamar magang dan sebaiknya dalam CV tersebut tertera foto pelamar.

4) Proposal Penulisan Tugas Akhir

Proposal ini ditujukan untuk keperluan pengajuan penulisan tugas akhir. Sesuai dengan peraturan di fakultas saya, saat ini untuk menulis tugas akhir mahasiswa terlebih dahulu harus melalui Sidang Usulan Penelitian (UP). Oleh karena itu mahasiswa pun diharuskan membuat proposal penelitian untuk penulisan tugas akhir. Secara garis besar memaparkan tentang apa yang akan dibahas dari tugas akhir (untuk mahasiswa fakultas hukum yaitu : Skripsi, Legal Memorandum dan Studi Kasus) mahasiswa yang bersangkutan. Antara lain berisi Latar belakang masalah, Identifikasi masalah, Maksud dan Tujuan Penelitian, Kegunaan Penelitian, Kerangka pemikiran, Metode penelitian, Sistematika penelitian, Rencana Anggaran, Jadwal Kegiatan (rencana lama waktu penulisan).

Baca Juga :

Author: eadp0