Jenis Pemecahan Saham (Stock Split)

Jenis Pemecahan Saham (Stock Split)

Jenis Pemecahan Saham (Stock Split)

Jenis Pemecahan Saham (Stock Split)
Jenis Pemecahan Saham (Stock Split)

Pada dasarnya ada dua jenis pemecahan saham yang dapat dilakukan yaitu : pemecaham saham naik (split-up) dan pemecahan saham turun (splitdown) atau reverse split. Pemecahan naik adalah penurunan nilai nominal perlembar saham yang mengakibatkan bertambahnya jumlah saham yang beredar, misalnya pemecahan saham dengan faktor pemecahan (split factor) 2 : 1, 3 : 1 dan 4 : 1. Sedangkan pemecahan turun adalah peningkatan nilai nominal perlembar saham dari mengurangi jumlah saham yang beredar, misalnya pemecahan saham dengan faktor 1 : 2, 1 : 3 dan 1 : 4. New York Exchange (NYSE) membedakan pemecahan saham menjadi dua yaitu pemecahan saham sebagian (Partial Stock Split) dan pemecahan saham penuh (Full Stock Split).

Pemecahan saham sebagian adalah tambahan distribusi saham yang beredar sebesar 25 % atau lebih tetapi kurang dari 100 % dari jumlah saham beredar yang lama. Pemecahan saham perusahaan adalah tambahan distribusi saham yang beredar sebesar 100 % atau lebih dari jumlah saham beredar yang lama.

F.3. Tujuan Pemecahan Saham (Stock Split)

Tujuan dibalik pemecahan saham adalah :

a. Untuk menyesuaikan harga pasar dengan mengurangi harga pasar perlembar saham.

b. Untuk memperluas kepemilikan dengan meningkatkan jumlah saham yang beredar dan membuatnya lebih dapat dipasarkan.

c. Untuk menguntungkan pemegang saham yang ada dengan memungkinkan mereka untuk mengambil manfaat dari suatu penyesuaian pasar yang tidak sempurna sesudah pemecahan saham tersebut.

Bagi sebagian pihak khususnya para emiten, pemegang saham diyakini dapat memberikan berbagai manfaat bagi mereka yaitu menurunnya harga saham sehingga akan menarik lebih banyak investor dan memperluas pasar saham, membuat saham lebih liquid untuk diperdagangkan dan mengubah para investor add lot menjadi investor round lot. Investor add lot yaitu investor yang membeli saham dibawah 500 lembar (1 lot). Sedangkan investor round lot adalah investor yang membeli minimal 500 lembar (1 lot).

Sumber : https://rakyatlampung.co.id/lara-croft-relic-run-apk/

You May Also Like

About the Author: eadp0