METODOLOGI PENELITIAN

METODOLOGI PENELITIAN

METODOLOGI PENELITIAN

METODOLOGI PENELITIAN
METODOLOGI PENELITIAN

1. Jenis Penelitian

Dalam penelitian ini menggunakan metode studi peristiwa (event study). Studi peristiwa merupakan studi yang mempelajari reaksi pasar terhadap suatu peristiwa (event) yang informasinya dipublikasikan sebagai suatu pengumuman. Dan menguji reaksi investor dan pasar terhadap peristiwa pengumuman stock split.

2. Populasi dan Sampel

Populasi adalah keseluruhan obyek yang ciri-cirinya akan diuji. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan go public yang sahamnya terdaftar dan diperdagangkan di bursa efek pada tahun 2000 sampai dengan tahun 2003. Sampai dengan tahun 2003, terdapat 285 perusahaan yang tercatat BEJ dan dibagi dalam 11 jenis perusahaan yaitu :

a. Pertanian

b. peternakan

c. pertambangan

d. industri dasar dan kimia

e. aneka industri

f. industri bahan konsumsi

g. properti dan real estate

h. infra stuktur, fasilitas dan transportasi

i. keuangan

j. perdagangan jasa dan investasi

k. lain-lain

Dari populasi diambil sampel yang akan di teliti, sampel dari penelitian ini adalah 28 perusahaan yang memiliki perdagangan teraktif. Teknik pengambilan sample dari penelitian ini adalah Purposive Sampling. Dimana sampel sengaja dipilih dengan tujuan untuk mendapatkan sampel yang dapat mewakili populasinya. Tujuanya adalah untuk meperoleh data sesuai dengan kelompok kunci yang akan mewakili penelitia ini. Adapun sampel yang akan dipilih harus mempunyai criteria sebagai berikut :

a. Perusahaan yang go public yang pada 1 Januari 2000 sampai dengan 31 Desember 2003 menunjukan tanggal pemecahan saham.

b. Selama periode pengamatan tidak melakukan pengumuman deviden untuk menghindari dari adanya pengaruh gabungan yang disebabkan oleh pengumuman laba dan deviden.

c. Harga saham yang digunakan adalah hargasaham pada saat melakukan stock split.

3. Data dan Sumber Data

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang terdiri dari data perubahan harga saham perusahaan yang listing BEJ yang melakukan stock split selam periode 1 Januari 2000 sampai dengan 31 Desember 2003, data mengenai sejarah perkembangan dan gambaran pasar modal.

4. Metode Pengumpulan Data

Data diambildari capital market Directory 2000, 2001, 2003 dan 2004. Selain itu juga diperoleh melalui internet dengan alamat http://www.jsx.co.id atau http://www.indoexchange.com dan harian Bisnis Indonesia.

5. Analisis Data

Untuk mengukur dan menganalisa penelitian, digunakan metode statistik non parametrik dengan menggunakan teknik uji peningkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed-rank test), dengan periode jendela (Windoows Period) adalah 5 hari sebelum tanggal pencatatan split dan 5 hari setelah tanggal pencatatan split. Langkah pertama yang akan dilakukan

Baca Juga :

You May Also Like

About the Author: eadp0