Pengertian Biaya

Pengertian Biaya

Table of Contents

Pengertian Biaya

Pengertian Biaya

Biaya adalah

pengorbanan atau pengeluaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau perorangan yang bertujuan untuk memperoleh manfaat lebih dari aktivitas yang dilakukan tersebut “Raharjaputra, 2009”. Dalam istilah biaya, kadang kala cukup merepotkan dalam membedakan antara costs dan expenses, untuk membedakannya dijelaskan dibawah ini.


Costs adalah biaya dalam arti pengorbanan/pengeluaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau individu yang berhubungan langsung dengan output/produk yang dihasilkan oleh perusahaan/perorangan tersebut. Misalnya: bahan baku dan pembantu, biaya tenaga kerja langsung dan biaya umum pabrik “Mandor/Supervisor pabrik, GM pabrik, BBM, Suplai pabrik, listrik pabrik dan lain-lain”, dalam struktur laporan Rugi/Laba perusahaan biasanya disebut Harga Pokok Produksi.

Expenses adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan atau perorangan yang bersifat sebagai aktivitas pendukung saja, misalnya: biaya umum dan administrasi dan biaya pemasaran/penjualan, seperti gaji karyawan kantor pusat, biaya telepon/air/gas/AC kantor pusat, biaya penjualan dan pemasaran dan lain-lain.


Baca Juga :

You May Also Like

About the Author: eadp0