Kecilin, aplikasi penghemat kuota data bagi pengguna Android

Kecilin, aplikasi penghemat kuota data bagi pengguna Android

Kecilin, aplikasi penghemat kuota data bagi pengguna Android

Berangkat dari keinginannya untuk menghadirkan akses internet yang lebih cepat dan lebih murah, Christopher Farrel membuat aplikasi penghemat kuota data, Kecilin.

Pemenang Wirausaha Muda Mandiri tahun 2018 itu telah mengembangkan Application Programming Interface (API) tersebut sejak dua tahun yang lalu saat dia masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas.

Algoritma dari aplikasi tersebut sebelumnya telah digunakan dalam produk B2B berupa API yang dapat digunakan oleh perusahaan yang mengalami permasalahan storage data yang membengkak, transfer data yang mahal dan juga lama.

“Kemudian, kita mulai berpikir bagaimana ke B2C-nya, dari algoritma

yang sudah kita buat itu kenapa enggak kita buat untuk membantu orang-orang di Papua, di Afrika sana biar akses internet lebih cepat dan lebih murah juga, karena bahkan di Afrika akses internet bisa sampai Rp2 juta per bulan,” ujar Farrel kepada Antara di Jakarta, Kamis (12/3).

Farrel mengharapkan aplikasi buatannya itu dapat dimanfaatkan

untuk meningkatkan edukasi juga ekonomi, melalui sejumlah aplikasi e-commerce karya anak bangsa yang telah ada sebelumnya.

“Ruangguru, Bukalapak, Tokopedia, mereka semua berbasis internet. Mereka menyelesaikan masalah, salah satunya pendidikan. Sedangkan yang membutuhkan internet paling layak harusnya Papua, sementara tidak ada internet mereka tidak akan dapat mengakses itu,” kata Farrel.

“Sebenarnya barrier antara kita dan orang-orang di Afrika

sebenarnya internet aja, internet itu semua,” lanjut pria berusia 20 tahun itu.

Jika dengan API Kecilin, perusahaan dapat mengecilkan database hingga 99 persen tanpa perusahaan atau kehilangan data, gambar hingga 80 persen, video hingga 75 persen dan dokumen hingga 50 persen, pada aplikasi Kecilin pengguna sejumlah aplikasi populer dapat berhemat kuota hingga 90 persen.

 

sumber :

https://voi.co.id/seva-mobil-bekas/

You May Also Like

About the Author: eadp0