NEGARA TERKAYA DI DUNIA MENURUT INTERNATIONAL MONETARY FUND

NEGARA TERKAYA DI DUNIA MENURUT INTERNATIONAL MONETARY FUND

NEGARA TERKAYA DI DUNIA MENURUT INTERNATIONAL MONETARY FUND

NEGARA TERKAYA DI DUNIA MENURUT INTERNATIONAL MONETARY FUND

Menurut Dana Moneter Internasional

pada tahun 2017, terdapat 29 negara yang tercatat memiliki Produk Domestik Bruto per kapita yang lebih dari USD 45.000 atau Rp 637,47 juta dalam kurs Rp 14.166 per dolar Amerika Serikat per tahunnya. Biasanya, Dana Moneter Internasional mengumumkan data perekonomian terbesar negara-negara di dunia dan indikator utamanya dengan melihat realisasi Produk Domestik Bruto per kapita sebuah negara.Dari data Dana Moneter Internasional tersebut, negara-negara yang memiliki populasi penduduk lebih kecil dibanding negara dengan kekuatan ekonomi raksasa, seperti Amerika Serikat maupun Jerman, justru mampu mencetak Produk Domestik Bruto per kapita lebih tinggi.

Nah, di bawah ini merupakan 8 negara terkaya menurut Dana Moneter Internasional pada tahun 2017, yakni :

Yang pertama ada negara Qatar. Negara yang memiliki populasi sebesar 2637 juta manusia itu memiliki Produk Domestik Bruto per kapita USD 128.702 per tahun. Jika dihitung dengan asumsi kurs rupiah 14.166 per dolar AS, maka besaran PDB per kapita tersebut sekitar Rp 1,82 miliar per tahun. Sudah tidak asing bahwa negara Qatar memiliki pendapatan besar dalam sektor minyak bumi dan gas alam. Negara ini pun hamper tidak menerapkan pajak.

Negara kedua yang berada dalam posisi terkaya adalah Makau. Negara Makau sendiri memiliki Produk Domestik Bruto per kapita senilai USD 122.489 per tahun. Negara yang merupakan suatu wilayah yang memiliki status sebagai Daerah Administratif Khusus hingga pada tanggal 20 Desember tahun 2049 atau 50 tahun setelah penandatanganan penyerahan kedaulatan ini menduduki peringkat kedua terkaya menurut Dana Moneter Internasional.

Negara terkaya ketiga adalah negara Luksemburg. Luksemburg merupakan sebuah negara terkecil di Eropa. Meskipun negara ini merupakan negara terkecil di Eropa, namun Dana Moneter Internasional mencatat Produk Domestik Bruto per kapita miliknya sebesar USD 110.870 atau Rp 1,57 miliar per tahun kalah dengan negara besar seperti Amerika Serikat yang berada pada posisi 12 dengan Produk Domestik Bruto sebesar USD 162.152 atau Rp 880,45 juta per tahunnya.

Kemudian, negara terkaya keempat ada dari tetangga Indonesia, yakni negara Singapura. Negara pulau di ujung selatan Semenanjung Malaya ini memiliki Produk Domestik Bruto per kapita USD 98.014 per tahun. Singapura juga merupakan negara yang mendapatkan gelar pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, dengan pertumbuhan PDB 17.9% pada pertengahan pertama 2010.

Setelah negara Singapura, negara terkaya selanjutnya adalah negara Irlandia. Negara ini memiliki Produk Domestik Bruto per kapita sebanyak USD 79.924 per tahun. Negara yang mencakup lima perenam pulau Irlandia di barat laut Eropa ini memiliki 4 juta jiwa populasi namun memiliki tingkat perekonomian yang tinggi dengan Produk Domestik Bruto di atas USD 45.000.

Lagi-lagi, tetangga Indonesia yakni Brunei Darussalam menyabet angka keenam dalam negara terkaya di dunia. Negara Brunei Darussalaam memang terkenal dengan ladang minyak bumi dan gas alamnya. Selain terkenal dengan hal tersebut, Brunei Darussalam juga terkenal akan menjalankan syariat Islam di tingkat negara. Negara ini memiliki Produk Domestik Bruto per kapita sebanyak USD 79.726 per tahun.

Lalu ada negara Norwegia dengan Produk Domestik Bruto per kapita USD 74.065 per tahun. Sama seperti negara Brunei Darussalam, Norwegia memiliki cadangan minyak bumi, gas alam, mineral. Selain itu juga Norwegia kaya akan makanan laut, air segar yang luas.


Baca Juga :

You May Also Like

About the Author: eadp0