SEJARAH TERBENTUKNYA PPKI

SEJARAH TERBENTUKNYA PPKI

SEJARAH TERBENTUKNYA PPKI

SEJARAH TERBENTUKNYA PPKI

Semakin hari

Jepang semakin sering menelan kekalahan dalam Perang Asia Timur Raya. Keadaan Jepang semakin kritis setelah pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 Kota Hiroshima dan Nagasaki dibom atom oleh Amerika Serikat. Kabar kekalahan Jepang dalam medan pertempuran ini banyak terdengar di negara-negara jajahannya di wilayah Asia. Tekanan untuk memerdekakan diri dari Jepang pun semakin kuat.

Tekanan untuk memerdekakan diri dari Jepang pun semakin kuat.Banyak wilayah jajajahan Jepang yang seperti mendapatkan harapan kemerdekaan ketika Jepang dikabarkan kalah telak karena bom atom dari Amerika Serikat. Banyak pula kaum nasionalis yang mencoba untuk mencari kebenaran kabar berita kekalahan ini baik dari radio ataupun surat kabar internasional.

Untuk tetap menjaga wilayah jajahannya agar tetap memberikan dukungan, maka Komando Tentara Jepang Wilayah Selatan pada waktu itu mengadakan rapat dan memutuskan menjanjikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 7 September 1945.

Pada tanggal 7 Agustus 1945, Jenderal Terauchi menyetujui pembentukan Dokuritsu Junbi Inkai atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Panitia Pelaksana Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Panitia ini dibentuk dengan tujuan melanjutkan tugas BPUPKI untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Meskipun Jepang telah berusaha mati-matian untuk mempertahankan dukungan dari wilayah jajahannya di Asia, namun pada akhirnya Jepang tetap tidak berdaya. Pada tanggal 14 Agustus 1945, Jepang secara resmi menyatakan diri telah kalah dari pihak Sekutu. Kondisi ini menimbulkan gejolak keinginan untuk memerdekakan diri yang semakin kuat di Indonesia.


Sumber: https://www.tokomodemku.co.id/weather-timeline-apk/

You May Also Like

About the Author: eadp0