Teknologi Masa Depan

Teknologi Masa Depan

Teknologi Masa Depan

Teknologi Masa Depan
Teknologi Masa Depan

Di tahun 2016 ini, teknologi semakin merasuki kehidupan kita. Mulai dari smartphone, sampai komputer. Beberapa orang pasti pernah bertanya “di masa depan nanti gimana ya?”. Kali ini, kita akan membahas tentang komputer masa depan. Kira-kira gimana yah komputer masa depan ?

Virtual Reality
komputer masa depan – virtual reality
Oculus Rift | Sumber: oculus.com
Mungkin anda sudah pernah mendengar kata “virtual reality”. Teknologi ini memungkinkan kita untuk memasuki dunia full digital, baik melalui penglihatan, sampai gerakan kita. Teknologi ini sudah memulai debutnya dengan Samsung Gear VR dan Oculus Rift. Dua peralatan canggih ini memungkinkan penggunanya untuk masuk ke dunia full digital melalui penglihatan dan pendengaran. Teknologi ini terus dikembangkan dan kemungkinan akan disematkan pada komputer masa depan.

Augmented Reality
komputer masa depan – augmented reality
Penerapan augmented reality di bidang bisnis properti | Sumber: youtube.com
Augmented reality merupakan saudara dari teknologi di atas. Jika virtual reality memungkinkan penggunanya untuk terjun ke dunia full digital, augmented reality menyajikan pengalaman yang seimbang antara dunia nyata dan dunia digital. Sejauh ini, wujud nyata dari augmented reality adalah berbagai macam kamera seperti Snapchat, dan kamera smartphone Sony. Penerapan teknologi ini lebih jauh pada komputer masa depan adalah penggunaannya dalam video games, film, dan banyak lagi.

Semuanya Serba Wireless
komputer masa depan – wireless charging
Isi ulang baterai dengan meletakkannya di atas charger wireless berbentuk mangkok | Sumber: cnet.com
Komputer jaman sekarang sebenarnya sudah hebat – bisa untuk main game, kerjaan kantor, sampai nonton film. Tapi ada satu masalah, kabel dimana-mana. Kita seringkali harus mengatur ulang posisi kabel supaya tidak mengganggu kaki, atau sekedar biar terlihat bagus. Sejauh ini, Intel adalah yang paling serius dalam mengembangkan teknologi ini. Intel telah mengembangkan teknologi bernama WiGig, yang memungkinkan penghubungan komputer ke monitor, printer, keyboard, dan banyak hal lain tanpa kabel sama sekali. Intel juga sedang dalam proses pengembangan teknologi yang memungkinkan pengisian baterai tanpa kabel.

Interaksi Multi-persepsi
komputer masa depan – interaksi multi persepsi
Mendesain sepatu secara digital hanya dengan tangan? Hmm | Sumber: youtube.com
Sejauh ini, kita berinteraksi dengan komputer menggunakan mouse, keyboard, dan sentuhan. Sebuah jenis teknologi bernama perceptual computing memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan komputer menggunakan inderanya yang lain, seperti kedipan mata, isyarat jari, dan banyak lagi. Sistem operasi Windows 10 dan Intel Real Sense sejauh ini telah memungkinkan penggunanya untuk login ke komputernya via wajahnya sendiri.

Komputer Dinding
komputer masa depan – komputasi dinding
Microsoft Surface Hub, berfungsi layaknya papan tulis | Sumber: techradar.com
Seperti yang pernah diimajinasikan oleh film-film bertema masa depan, komputer yang menempel di dinding itu sesuatu yang menarik kan?
Sebenarnya hal ini sudah diciptakan oleh Microsoft. Produknya yang bernama Surface Hub merupakan sebuah komputer layar sentuh berukuran 84 inci yang mempunyai tampilan sangat menarik. Siapa tahu komputer masa depan akan bisa benar-benar terintegrasi dengan dinding rumah kita?

Komputer Fleksibel
komputer masa depan – elektronik fleksibel
Layar fleksibel berteknologi AMOLED ciptaan Samsung | Sumber: wikipedia.org
Pada tahun 2008, sebuah perusahaan bernama Plastic Logic mempresentasikan produk mereka yang berupa layar yang bisa ditekuk. Bayangkan saja jika monitor komputer di rumah anda bisa ditekuk, bahkan digulung.
Microsoft berencana akan mengaplikasikan teknologi ini ke produk mereka yang bisa dibilang mirip smart watch yang ada sekarang. Hal yang membedakan produk ini adalah ia berbentuk seperti gelang, yang seluruh bagiannya berupa monitor – berbeda dengan smart watch sekarang yang mempunyai bagian monitornya sendiri.

Kesimpulan
Jadi, itulah bayangan bagaimana komputer masa depan. Teknologi-teknologi dibalik komputer masa depan ini dibuat bertujuan untuk memudahkan kehidupan kita – walaupun beberapa orang kurang setuju dengan keberadaannya.
Bagaimana menurut anda?

Sumber : https://nisachoi.blog.uns.ac.id/seva-mobil-bekas/

You May Also Like

About the Author: eadp0