Apa penyebab penyakit saluran kencing FLUTD pada kucing

Apa penyebab penyakit saluran kencing FLUTD pada kucing

Apa penyebab penyakit saluran kencing FLUTD pada kucing

Apa penyebab penyakit saluran kencing FLUTD pada kucing

1. Urolithiasis (Batu kandung Kemih)

Salah satu penyebab FLUTD adalah pembentukan batu kandung kemih atau urolith di kandung kemih dan uretra. Ini adalah koleksi mineral yang terbentuk di saluran kemih kucing.

Perawatan: Dokter hewan juga dapat membantu kucing melewati batu dengan menyiram kandung kemihnya dengan cairan steril atau mengeluarkan batu kecil langsung dari kandung kemih menggunakan cystoscope saat kucing dalam anestesi.

2. Infeksi Saluran Kemih

Penyebab FLUTD lainnya yaitu infeksi saluran kemih dengan bakteri, jamur, parasit dan virus. nfeksi saluran kemih adalah penyebab FLUTD yang relatif umum pada kucing yang lebih tua, diikuti oleh urolith.

Perawatan: untuk infeksi saluran kemih sering tergantung pada tingkat keparahan infeksi dan organisme penyebab infeksi, dan mungkin termasuk terapi cairan, pengasaman kemih, dan / atau antibiotik.

3. Obstruksi uretra

Kucing jantan berisiko lebih besar mengalami obstruksi uretra daripada betina karena uretra mereka lebih panjang dan sempit.

Obstruksi uretra merupakan masalah serius terkait dengan fungsi kemih karena ketika uretra kucing tersumbat sebagian atau seluruhnya. Kucing-kucing ini berusaha untuk buang air kecil dan menghasilkan sedikit atau tanpa air seni.

Perawatan: Perawatan dari kondisi ini termasuk menghilangkan sumbatan, biasanya dilakukan dengan menyiram larutan steril melalui pipa sempit yang ditempatkan ke dalam uretra. Setelah obstruksi dihilangkan, perawatan lebih lanjut tergantung pada kondisi kucing.

4. Feline idiopathic cystitis (FIC)

FIC terlihat paling umum pada kucing muda hingga paruh baya dengan risiko jantan dan betina sama-sama berisiko namun dengan penyakit saluran kemih yang lebih rendah.

Perawatan: Perawatan medis bisa bervariasi, seringkali dokter hewan akan mulai dengan mengatasi masalah perilaku, mulai dari makanan dan mengurangi stres.


Sumber: https://worldfreeweb.com/

You May Also Like

About the Author: eadp0