Para peneliti ingin mencatat setiap gerakan pengguna smartphone

Sekelompok profesor dari Universitas Stanford telah mengumumkan bahwa mereka sedang mempersiapkan studi baru yang akan melihat secara terperinci bagaimana orang berinteraksi dengan smartphone mereka.

Penelitian layar
Nama penelitian ini adalah Human Screenome Project, dan bukan kebetulan kalau itu mirip dengan Human Genome Project, sebuah studi yang berlangsung 13 tahun dan menghasilkan pemetaan DNA manusia yang sukses.

Usulan para profesor – peneliti tidak hanya memiliki nama yang identik. The Screenome Proyek Manusia akan menggunakan sistem yang mirip dengan Human Genome Project, kecuali bahwa itu akan merekam aktivitas pengguna.

Seperti halnya penelitian DNA manusia, para peneliti mengatakan mereka akan menerima foto-foto berkala dari

layar partisipan. Kemudian, data yang mereka kumpulkan akan digunakan untuk studi dan analisis yang luas , dengan tujuan menarik kesimpulan yang jelas tentang dampak sosial dari smartphone.

Sampai sekarang, para peneliti telah meluangkan waktu yang dihabiskan pengguna untuk smartphone dan aplikasi jejaring sosial mereka untuk melihat dampak digital terhadap masyarakat, psikologi individu, dan banyak lagi.

Namun, para peneliti Stanford mengatakan bahwa data di atas tidak cukup untuk mengukur penggunaan smartphone . Mereka menunjukkan bahwa ini adalah prasyarat untuk setiap penelitian yang berupaya memahami dampak smartphone pada manusia dan masyarakat secara keseluruhan.

Sebagai gantinya, mereka berpendapat bahwa waktu yang dihabiskan pengguna pada ponsel cerdas mereka harus dievaluasi melalui pemantauan ketat terhadap penggunaannya.

Untuk mencapai ini, akan ada mekanisme, proses latar belakang , yang mengambil tangkapan layar setiap kali pengguna mengaktifkan layar ponselnya. Proses ini kemudian akan mengambil snapshot setiap lima detik hingga layar dimatikan.

Menurut para peneliti Stanford, semua tangkapan layar ini, ketika dianalisis, akan memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang kehidupan digital pengguna. Bahkan, untuk menunjukkan nilai pengukuran ” screenomic “, sebagaimana mereka menyebutnya, para peneliti mengevaluasi penggunaan smartphone oleh dua anak berusia 14 tahun.

Peserta mengatakan mereka jarang menggunakan ponsel mereka, tetapi ini adalah hal pertama yang mereka lakukan di pagi hari dan yang terakhir sebelum mereka tidur.

Namun, analisis tangkapan layar menunjukkan bahwa satu peserta menghabiskan banyak waktu pada satu aplikasi pada satu waktu. Di sisi lain, peserta lain dipindahkan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, secara berkala.

Pertanyaannya adalah apakah salah satu cara penggunaan di atas dapat memengaruhi kehidupan sosial

seseorang , perhatian yang diberikannya pada apa yang dilakukan seseorang dan seterusnya.

Namun, tanpa analisis rinci dari semua data ini, para ilmuwan tidak akan dapat memutuskan apakah ada perbedaan dalam perilaku keseluruhan dari dua peserta. Dan jika demikian, apakah perbedaan itu disebabkan oleh cara smartphone digunakan .

Seberapa besar kemungkinan investigasi semacam itu akan terjadi?

Implementasi Human Screenome Project sangat sulit. Bukan hanya fakta bahwa aplikasi akan berjalan di latar belakang dan terus-menerus merekam layar pengguna. Seperti yang diakui oleh para peneliti, ada masalah privasi , masalah privasi , dan banyak lagi.

Sampai ditemukan cara untuk mengimplementasikan Proyek Human Screenome, tanpa menyinggung privasi para peserta, proyek akan tetap menjadi ide sederhana.

Sumber:

You May Also Like