PENGERTIAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM

   PENGERTIAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM

  1. Pengertian Pendidikan Islam Secara Etimologi (Lughatan)

Dalam konteks Islam, pendidikan secara bahasa (lughatan) ada tiga kata yang digunakan.[1] Ketiga kata tersebut, yaitu : 1) At-tarbiyah, 2) Al-ta’lim, dan 3) Al-ta’dib. Ketiga kata tersebut memiliki makna yang saling berkaitan saling cocok untuk pemaknaan pendidikan dalam Islam. Ketiga makna itu mengandung makna yang amat dalam, menyangkut manusia dan masyarakat serta lingkungan yang dalam hubungannya dengan Tuhan berkaitan dengan satu sama lain.

At-tarbiyah (التربية) berakar dari tiga kata, yakni pertama, berasal dari kata rabba yarbu (يربو – ربا) yang artinya bertambah dan bertumbuh. Kedua, berasal dari kata rabiya yarbi (يربى – ربي) yang artinya tumbuh dan berkembang. Ketiga, berasal dari kata rabba  yarubbu (يربو – رب) yang artinya memperbaiki, membimbing, menguasai, memimpin, menjaga dan memelihara. Al-ta’lim (التعليم) secara ligahwy  berasala dari kata fi’il tsulasi mazid biharfin wahid, yaitu ‘allama yu ‘allimu (يعلم – علم). Jadi ‘alama (علم) artinya mengajar. Al-ta’adib (التأديب) berasal dari kata tsulasi maszid bihaijmn wahid, yaitu ‘addaba yu ‘addibu (يأدب – أدب). Jadi ‘addaba (أدب) artinya memberi adab.

  1. Pengertian Pendidikan Menurut Istilah

Dalam memberikan arti atau pengertian dalam ilmu pendidikan islam, bergabai pendapat bermunculan dari kalangan besar pemikir dan intelek-intelek islam. Ada yang merumuskan bahwa pendidikan islam adalah bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum hukum agama islam mengenai terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran agama islam.[2]

Merurut definisi diatas setidaknya harus ada 3 unsur yang mendukung tegaknya pendidikan islam. Pertama harus ada usaha usaha yang berupa bimbingan bagi pengembangan potensi jasmani dan rohani secara berimbangan. Kedua, usaha tersebut berdasarkan pada ajaran ajaran islam. Ketiga, usaha tersebut bertujuan agar peserta didik pada akhirnya memiliki kebribadian yang utama dan sesuai  dengan ukuran islam (kepribadian muslim).

Menurut Miqdad Yelyin (seorang guru besar islam ilmu sosial di universitas Muhammad bin su’ud riyadl Saudi arabia) seperti yang dikutip oleh Munarji,  pendidikan islam adalah usama menumbuhkan dan membentuk manusia muslim yang sempurna dari segala aspek yang bermacam macam seperi aspak kesehatan, akal, keyakinan, jiwa, kemauan, daya cipta dalam semua tingkat pertumbuhan yang disinari oleh cahaya yang dibawa oleh islam dengan versi dan metode-metode pendidikan yang ada diantaranya.[3]

 

https://ijateng.id/outlook-owa-apk/

You May Also Like

About the Author: eadp0