Perbedaan dalam Pelaksanaan demokrasi liberal dan terpimpin

 Perbedaan dalam Pelaksanaan demokrasi liberal dan terpimpin

Perbedaan yang mencolok antara ke dua sistem demokrasi yang pernah di laksanakan di NKRI adalah :

  • Demokrasi Terpimpin : Demokrasi yang di lakukan oleh pemimpin negara dan segala keputusan dan juga pengambilan suara dilakukan dan berpusat pada pemimpin negara kala itu yaitu sang presiden.
  • Demokrasi Liberal : Merupakan demokrasi yang segala jenis pemikiran serta keputusan yang diambil berdasarkan kepada hak dari setiap individu dan kemudian ditetapkan oleh pemimpin negara (presiden) yang merupakan seorang penentu dari keputisan tersebut.

Adanya ke dua jenis sistem pemerintahan demokrasi Indonesia ini jelas terlihat sangat berbeda seprti halnya perbedaan negara demokrasi dan negara otoriter. Berikut beberapa perbedaan lain yang dimiliki oleh kedua sistem demokrasi tersebut, yaitu :

  1. Segala keputusan jelas di lakukan oleh presiden sebagai pemimpin negara kala pemerintahan demokrasi liberal sedangkan keputusan dan hak memilih dimiliki oleh para individu dan baru keputusan akhir ditentukan oleh presiden di kala pemerintahan demokrasi liberal.
  2. Demokrasi terpimpin menybabkan terbatasnya ruang gerak dari partai politik sedangkan partai politik banyak memegang peranan di pemerintahan pada masa demokrasi liberal.
  3. Pengambilan suara terbanyak berlaku pada demokrasi liberal sedangkan musyawarah pada demokrasi terpimpin
  4. paham sosialis dianut kala demokrasi terpimin berbeda dengan paham liberalis yang dianut demokrasi liberal.

You May Also Like

About the Author: eadp0