Georges Lemaitre (1894-1966 M)

Georges Lemaitre (1894-1966 M)

Seorang ahli astronomi Belgia yang pada tahun 1927 mencetuskan teori Ledakan Besar Kosmologi dan menyatakan bahwa alam semesta dimulai dengan suatu ledakan besar dahulu kala dan bahwa sejak itu kepingannya masih terus beterbangan. Lemaitre mendasarkan teorinya pada pengamatan Edwin Hubble mengenai alam semesta yang mengembang.

  1. George Gamow (1904-1968 M)

Seorang ahli astronomi Amerika pendukung teori ledakang besar (Big Bang). Menurut  hitungannya, kira-kira 10% bahan dalam alam semesta seharusnya adalah Helium yang terbentuk dari Hidrogen selama terjadinya ledakan besar, pengamatan telah membenarkan ramalan ini. Ia juga meramalkan adanya suatu kehangatan kecil dalam alam semesta sebagai peninggalan ledakan besar. Radiasi Latar Belakang ini akhirnya ditemukan pada tahun 1965.

  1. Clyde Tombaugh (1906-1997 M)

Ahli astronomi yang berasal dari Amerika yang pada bulan Februari 1930 menemukan planet Pluto dengan mempergunakan gambar-foto yang diambil di observatorium Lowell. Setelah penemuan Pluto, Tombaugh melanjutkan survey foto sekeliling langit untuk mencari planet lain yang mungkin ada, tetapi tidak menemukan sesuatu.

  1. Carl von Weizsacker (1912 M)

Seorang astronom Jerman yang pada tahun 1945 menggagas dasar teori-teori modern mengenai asal mula tata surya. Ia membayangkan bahwa planet terbentuk dari kumpulan partikel-partikel debu yang berasal dari sebuah cakram yang terdiri dari materi yang mengelilingi matahari saat masih muda. Teorinya ini merupakan perubahan dari teori sebelumnya yang digagas oleh Kant dan Laplace.

Recent Posts

 

You May Also Like

About the Author: eadp0