Implikasi terhadap Pendidikan

Implikasi terhadap Pendidikan

  1. Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan hendaknya tidak hanya untuk mengembangkan kemampuan intelektual dan mengembangkan kemampuan fisikal saja, melainkan untuk mengembangkan semua potensi yang dimiliki manusia agar dapat hidup selamat di dunia maupun di akhirat.

  1. Kurikulum Pendidikan

Dalam konteks ini, isi pendidikan meliputi pendidikan liberal yang mencakup pengembangan mata pelajaran fundamental yang berkenaan dengan pengembangan nilai-nilai kemanusiaan dan kemampuan-kemampuan intelektual.

  1. Metode Pendidikan

Mengutamakan metode latihan formal (formal driil) dalam rangka mendisiplinkan pikiran. Dalam rangka persiapan jiwa, yaitu untuk memperkuat keimanan dan kemauan berbuat kebijakan,penganut Scholastisisme mengutamakan metode Katekismus (Catechism),yaitu metode Tanya jawab sebagaimana disajikan dalam kitab atau buku pelajaran agam Kristen.

  1. Peranan Guru dan Siswa

Guru mempuyai wewenang untuk mengatur kelas (pengelolaan kelas berpusat pada guru); dalam hal ini struktur pelajaran yang dirancang guru hendaknya disarahkan untuk membantu pengembangan pengetahuan, keterampilan berpikir, dan untuk berbuat kebijakan.

Orientasi pendidikan Scholastisisme adalah Perennialisme, karena menekankan pengetahuan dan nilai-nilai kebenaran yang bersifat universal, absolute, menetap atau abadi, serta prinsipnya yang religious (agama oriented)

 

Sumber :

https://robinschone.com/insomnia-2-apk/

You May Also Like

About the Author: eadp0