Kesimpulan

Table of Contents

Kesimpulan

Potensi zakat yang ada di Indonesia sangatlah besar dilihat dari jumlah penduduk Indonesia yang mayoritas Muslim. Dalam pelaksanaan zakat terdapat dua jenis yakni zakat fitri dan zakat maal (harta). Pada jenis yang pertama yakni zakat fitri sudah sangatlah baik mengingat zakat ini merupakan kewajiban bagi seluruh umat dan hanya dilaksanakan 1 tahun sekali.

Sementara itu zakat maal cenderung diabaikan oleh Umat Islam itu sendiri. Jangankan zakat kewajiban secara yuridis seperti pajak saja banyak yang tidak melaksanakannya. Oleh karena itu perlu sistem yang kuat agar potensi zakat yang di Indonesia tidak sia-sia.

Potensi zakat sendiri dapat diambil dari berbagai bidang yang telah disebutkan sebelumnya pada bab pembahsan. Potensi zakat dari bidang pertanian saja  sebesar Rp. 65.442.800.000,-

Tujuan dari pendayagunaan zakat tersebut dapat didistribusikan untik memperbaiki taraf hidup masyarakat banyak. Penekana n peneima zakat tersebut yakni dari golongan menengah ke bawah seperti petani kecil, buruh tani, nelayan, maupun pedagang kecil.

Selain itu dana zakat dapat juga disalurkan melalui beasiswa bagi siswa yang kurang mampu guna mendapatkan pendidikan yang layak tanpa terbebani biaya yang tinggi. Zakat juga dapat digunakan dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan atau pengangguran.

Hal di atas dapat diwujudkann dengan adanya program pelatihan soft skill serta pemberian modal bagi pelaku industri kreatif bertaraf kecil maupun home industri.selain itu zakat juga dapat disalurkan kepada pendayaan anak yatim yang merupakan kewajiban bagi Umat Muslim. Satu lagi bidang yang dapat disentuh dalam pendistribusian zakat yakni sarana peribadatan.

Rasulullah SAW, menjelaskan bahwa zakat merupakan uang yang dipungut dari orang kaya dan diberikan kepada yang miskin.[22] Oleh karena itu tujuannya adalah menditribusikan harta di masyarakat dengan cara sedemikian rupa sehingga tidak seorang pun umat muslim yang tertin ggal dalam keadaan miskin.[23]

5.2    Saran

Bagi masyarakat Muslim Indonesia untuk dapat lebih sadar diri akan kewajibannya dalam mengeluarkan zakat bukan hanya untuk zakat fitri saja namun juga zakat maal. Masyarakat juga memiliki kewajiban untuk membantu pemerintah dalam hal pemertaan ekonomi menuju kesejahteraan rakyat.

Bagi insan akademis, untuk lebih lagi melaksanakan sosialisasi terhadap masyarakat tentang adanya badan pemerintah yang melaksanakan kegiatan penghimpunan zakat di Indonesia.

Bagi pemerintah harusnya lebih gencar dalam hal sosialisasi secara meluas bukan hanya di daerah kota saja namun juga di daerah pedesaan. Mengingat besarnya potensi zakat yang Indonesia miliki pemrintah haruslah bekerjasama dengan berbagai pihak agar badan dan juga program yang telah direncanakan tidak hanya ja;an di tempat saja.

Sumber :

https://callcenters.id/

You May Also Like

About the Author: eadp0