Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler

Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler

  1. Tersedianya Sarana

Sarana pendidikan adalah fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar-mengajar baik yang bergerak maupun tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif dan efisien. Fasilitas atau sarana dibedakan menjadi dua jenis:

  1. Fasilitas fisik yaitu segala sesuatu yang berupa benda atau yang dapat dibedakan yang mempunyai peranan untuk memudahkan atau memperlancar suatu usaha.
  2. Fasilitas uang yaitu segala sesuatu yang bersifat mempermudah suatu kegiatan sebagai akibat bekerjanya nilai uang.[9]

Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan pada waktu dimana para siswa mendapatkan waktu luang. Jadwal kegiatan ekstrakurikuler akan menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan tugas pembina, bagi siswa yang menjadi pedoman dalam merencanakan dan mengikuti program ekstrakurikuler, bagi administrator mempermudah dalam memberikan dukungan sarana dan prasarana yang diperlukan dan bagi kepala sekolah mempermudah dalam mengadakan supervisi.

Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat rutin, spontan dan keteladanan dilaksanakan secara langsung oleh guru, konselor, dan tenaga kependidikan di sekolah/madrasah. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler yang terprogram dilaksanakan sesuai dengan sasaran, substansi, jenis kegiatan, waktu, tempat dan pelaksanaan sebagaimana telah direncanankan.

Recent Posts

You May Also Like

About the Author: eadp0