pengkuran linear tidak langsung

 pengkuran linear tidak langsung

          2.1.  Definisi linear tidak langsung

Pada pengukuran linier langsung hasil pengukurannya dapat dibaca langsung pada skala ukur alat ukur yang digunakan karena memang dari alat ukur tersebut memungkinkan untuk maksud-maksud di atas. Akan tetapi, kadang-kadang kita tidak bisa melakukan pengukuran langsung dikarenakan adanya pengukuran yang memerlukan kecermatan yang tinggi ataupun karena bentuk benda ukur yang tidak memungkinkan untuk diukur dengan alat ukur langsung.

Untuk keadaan seperti di atas maka biasanya dilakukan pengukuran tak langsung, dalam hal ini adalah pengukuran linier. Seperti penjelasan di atas tadi Pengukuran linier tidak langsung adalah pengukuran dengan instrumen pembanding, maksudnya dengan membandingkan dimensi yang diperoleh dari hasil pengukuran kemudian membacanya dengan bantuan alat ukur langsung. Pada pengukuran ini, akan terjadi dua kali proses pengerjaan. Macam-macam alat ukur linier tidak langsung dibagi menjadi dua yaitu alat ukur standar dan alat ukur pembanding.

 

2.2       Alat ukur standar

Yang termasuk dalam kategori alat ukur standar untuk pengukuran linier tak langsung adalah: blok ukur (gauge blok), batang ukur (length height), kaliber induk tinggi (height master), jangka bengkok dan jangka kaki.

 

Recent Posts

You May Also Like

About the Author: eadp0