Sejarah Perkembangan Gadget

    1. Sejarah Perkembangan Gadget

Gadget merupakan suatu perangkat elektronika yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya. Handphone atau telepon genggam adalah salah satu gadget yang kita ketahui dan memiliki fungsi serta pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan manusia. Handphone merupakan perangkat telekomunikasi elektronik nirkabel yang fungsinya sama dengan telepon kabel yang lebih dulu tercipta.

Pertama kali konsep handphone/telepon genggam ini dikemukakan oleh seorang karyawan Motorola yang bernama Martin Cooper beserta tim-nya pada 03 April 1973 berhasil membuat handphone model pertama yang diberi nama DynaTAC, melalui ide yang dicetuskannya membuat piranti komunikasi fleksibel yang dapat dibawa ke mana-mana, dengan memasukkan material elektronik kedalam benda yang berukuran kecil. Untuk pertama kalinya DynaTAC  yang memiliki total bobot sebesar dua kilogram ini diproduksi oleh Motorola tahun 1983 dan membutuhkan dana sebesar US$ 1 juta. DynaTAC dipasarkan dengan harga US$ 3995 sekitar 36 juta rupiah, hanya bisa berfungsi untuk menelpon saja tidak bisa menerima pesan. Generasi kedua yaitu MicroTAC, ponsel flip pertama didunia dengan desain lebih kecil bila sedang tidak digunakan MicroTAC sering disebut dengan ponsel saku pertama didunia.

Tidak hanya Motorola.inc yang memproduksi ponsel, vendor Nokia pun mulai melirik teknologi ini, yaitu dengan memperkenalkan smartphone-nya pertama kali yaitu Nokia 9000 Communicator yang membawa era ponsel pintar bagi penggunanya. Nokia 9000 Communicator memiliki desain clamshell dengan layar LCD serta Keypad Qwerty yang utuh.

Seiring dengan perkembangan zaman kebutuhan akan komunikasi semakin tinggi, setelah kemunculan Nokia 9000 Communicator oleh Nokia yang menandai akan adanya era yang lebih canggih lagi. Terbukti saat ini vendor-vendor ternama seperti Apple.inc yang didirikan Steve Jobs membuat ponsel pintar yang diberi nama Iphone dengan mengusung konsep layar sentuh serta aplikasi canggih yang mendukungnya, Iphone cukup diminati para pecandu gadget. Tidak hanya itu kebutuhan akan e-mail semakin tinggi peluang ini dimanfaatkan juga oleh vendor RIM yang meluncurkan produk smartphonenya Blackberry, dengan berbagai keunggulannya Blackberry sangat diminati oleh para profesional yang sangat membutuhkan ponsel yang efektif dan efisien.

    1. Perkembangan Gadget di Era Modern

Berikut beberapa gadget canggih di era modern ini


  1. Braile Smartphone Pertama di Dunia untuk Tunanetra

Braile Smartphone merupakan konsep smartphone pertama didunia yang khusus diperuntukkan bagi penyandang tunanetra. Konsep canggih ini digagas oleh seorang berkebangsaan India, Sumit Dagar. Smartphone ini sedikit berbeda dengan yang biasa kita gunakan, layar sentuh yang menjadi komponennya dapat membentuk tombol-tombol yang bergerak vertikal untuk membentuk huruf Braile, dengan bantuan teknologi Shape Memory Alloy.

  1. Google Glass

Google glass adalah gadget berupa smartglass buatan google. Memiliki teknologi tinggi yang dapat digunakan untuk merekam video hingga resolusi 720 pixel dengan memori internal 16 GB guna menampung seluruh hasil rekaman. Google Glass ini kualitasnya patut disejajarkan dengan TV HD berukuran 25 inch, memiliki kamera 5 MP. Komponen yang dirangkai dalam google glass ini berupa proyektor mini yang dikombinasikan dengan lensa prima. Proyektor mini akan memproyeksikan sebuah gambar pada prisma semi-transparan, yang kemudian akan menggabungkan gambar nyata plus gambar figital untuk kemudian ditampilkan di retina.

Itulah sebagian dari penemuan terbaru saat ini dibidang teknologi informasi dalam perkembangan gadget di era modern.

    1. Gadget dan Pengaruhnya dalam Gaya Hidup Masyarakat Masa Kini

Perkembangan teknologi dulu identik dengan perkotaan, namun sejak kemunculan arus globalisasi, semuanya seakan tanpa batas. Contohnya handphone sepuluh tahun lalu masih menjadi teknologi mahal bagi sebagian orang, hanya orang-orang kalangan tertentu saja yang dapat membelinya, itupun handphone yang belum canggih seperti sekarang. Namun sekarang berbagai kalangan menggunakannya, mulai dari orang tua hingga anak kecil, orang kota maupun daerah pedesaan telah memiliki piranti temuan Martin Cooper ini. Saat ini piranti fleksibel ini telah menjadi suatu kebutuhan pokok dalam komunikasi, dengan harga yang terbilang ekonomis kita sudah mendapatkan kecanggihan ponsel ber-feature­-kan TV dan internet, merupakan suatu perkembangan yang menakjubkan abad 21.

Namun, bisa kita lihat dibalik betapa dahsyatnya pengaruh positif gadget bagi masyarakat, ternyata ada pula sisi negatif dari penggunaannya, diantaranya sebagai berikut:

Bagi para pecinta gadget/gadget maniac dapat menimbulkan sifat konsumtif karena mereka rela membelanjakan uangnya demi gadget yang relatif mahal; Meningkatnya kriminalitas (tindakan asusila dan pelecehan terhadap wanita dan anak kecil) akibat video porno yang peredarannya teramat sangat tidak bertanggung jawab; dapat mengganggu kesehatan mata akibat radiasi layar gadget.

 

Sumber :

https://manjakani.co.id/padi-ciherang-aromatik-inovasi-bioteknologi-dari-balitbang-pertanian/

You May Also Like

About the Author: eadp0